June 25, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

25 Relawan Vaksin Sinovac Terkonfirmasi Positif Corona, BPOM Harus Gerak Cepat Kaji Dampak

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

JAKARTA –  Sebanyak 25 orang relawan uji klinis vaksin Sinovac dinyatakan positif Covid-19. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 dari Fakultas Kedokteran Unpad, Kusnandi Rusmil.

Mengenail hal tersebut, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena mengatakan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terus melakukan kajian terhadap dampak vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat.

“BPOM terus melakukan kajian terhadap berbagai dampak vaksin terhadap masyarakat yang diberikan,” kata Melki saat di Jakarta, Selasa (19/01/2021).

Ia menekankan, penelitian BPOM akan berlangsung secara terus dan diuji secara berkala ihwal vaksin tersebut. Agar terlihat dari segi keamanan, mutu dan efikasin vaksin Sinovac tersebut.

“Penelitian BPOM akan berlangsung terus menerus secara berkala uji menguji keamanan, mutu dan efikasi vaksin yang dipakai di Indonesia yang telah mendapatkan EUA (emergency use authorization) oleh BPOM,” tutur Melki.

Politikus Partai Golkar ini mengungkapkan, perihal adanya relawan uji klinis vaksin Sinovac sudah dibahas dalam rapat dengan BPOM, Kementrian Kesehatan dan Biofarma.

“Kemarin sudah dibahas dalam rapat dengan BPOM Kemenkes dan Biofarma,” tukasnya. []

Advertisement
Advertisement