May 18, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Agar Hidup Rukun dan Berkah dengan Pasangan, Baca Doa Berikut Ini

3 min read

JAKARTA – Sebanyak apa pun kebutuhan manusia, mintalah kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan mengabulkan doa hamba-Nya. Dalam surat Al Mumin ayat 60, Allah SWT berfirman:

Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.”

Termasuk ketika kita menginginkan agar rukun dengan pasangan, ada doa yang bisa dipanjatkan. Doa Ini dibaca saat akan masuk ke dalam rumah.

Dikutip dari Republika.co.id, Syekh Aidh Al-Qarni dalam kitab La Tahzan menjelaskan, senyuman adalah sebuah awal yang indah ketika seorang suami atau istri saling bertemu di dalam rumah. Senyuman adalah pernyataan awal untuk sebuah kesepakatan dan harmoni. Dengan sebuah awal yang baik pula, bila saat masuk rumah, seseorang hendaknya membaca doa ini:

Allahumma inni as-aluka khaira al-maulaji wa khaira al-makhraji bismillahi wa lajna wa bismillahi kharajna wa alallahi rabbina tawakalna.”

Yang artinya, “Ya Allah aku memohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar. Dengan nama Allah kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar. Dan kepada Allah lah kami bertawakal.”

Doa ini berasal dari hadits riwayat Abu Musa Al-Asy‘ari sebagai berikut ini:

Dari [Abu Malik Al Asy’ari] ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Jika seorang laki-laki masuk ke dalam rumahnya hendaklah ia membaca: ‘”Allahumma inni as-aluka khaira al-maulaji wa khaira al-makhraji bismillahi wa lajna wa bismillahi kharajna wa alallahi rabbina tawakalna.” (Ya Allah, sesungguhnya aku minta kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan tempat keluar. Dengan menyebut nama Allah, kami masuk (rumah) dan dengan menyebut nama Allah kami keluar). ‘ Setelah itu hendaklah mengucapkan salam kepada keluarganya.”

Tak hanya membaca doa saja, agar rumah tangga tetap harmonis, hubungan timbal balik atau kesalingan antara laki-laki dengan perempuan sangat penting dalam menjaga kerukunan dan keharmonisan.

Nabi bersabda, “Ishtawu binnisa-i khairan fa innama hunna indakum awanin.” Yang artinya, “Saling berwasiatlah di antara kalian untuk selalu berbuat baik terhadap perempuan, karena mereka berada pada posisi lemah di antara kalian.”

Melansir Islam.nu.or.id, dalam sebuah riwayat ada satu doa yang diajarkan kepada kita untuk mewujudkan rumah tangga yang bahagia penuh dengan keberkahan. Doa tersebut sebagai berikut:

Allaahumma baarik lii fii ahlii wa baarik lahum fiyya warzuqnii minhum warzuqhum minnii. Allaahummajma’ bainanaa maa jama’ta ilaa khairin wa farriq bainanaa idzaa farraqta ilaa khairin

Artinya: “Ya Allah, berkahilah aku di dalam keluargaku dan berkahilah mereka di dalam diriku. Berilah aku rezeki dari mereka dan berilah mereka rezeki dariku. Ya Allah, kumpulkan kami menuju kebaikan dan pisahkan kami bila Engkau pisahkan menuju kebaikan.”

Dalam satu riwayat dituturkan bahwa doa tersebut disampaikan oleh sahabat Abadullah bin Mas’ud kepada seorang laki-laki yang datang kepada beliau. Laki-laki itu menceritakan kalau dirinya baru saja menikah dengan seorang gadis, namun ia sangat khawatir kalau-kalau terjadi kebencian di antara keduanya hingga terjadi perpecahan.

Mendengar cerita itu Abdullah bin Mas’ud menyarankannya agar ketika ia mendatangi istrinya maka lakukanlah salat dua rakaat lalu membaca doa tersebut. Dengan sering memanjatkan doa tersebut maka diharapkan pasangan suami istri akan saling rukun, saling mengisi dan menyempurnakan kekurangan dan saling membahagiakan satu sama lain. Wallahu a’lam. []

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply