January 31, 2023

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Agar Khilaf dan Dosa Sepanjang Tahun Lalu Mendapat Ampunan, Baca Doa Berikut ini Saat Detik Tahun Mengalami Pergantian

2 min read

JAKARTA – Saat ini kita berada di penghujung tahun 2022. Artinya, besok kita akan masuk tahun baru 2023.

Setiap orang pasti ingin menjadikan tahun baru sebagai tahun yang lebih baik dalam hidupnya dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Bagi orang Islam, yang juga dan paling utama ialah bagaimana caranya agar dosa dan kesalahan di tahun sebelumnya diampuni oleh Allah SWT. Dan tahun baru menjadi tahun untuk memperbaiki semua hal yang kurang maksimal di tahun sebelumnya.

Berikut doa akhir tahun yang patut Anda baca agar segala kesalahan dan dosa tahun lalu Allah ampuni:

 

 

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.

 

Artinya: Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Engkau larang sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Engkau maklumi karena kemurahan-Mu. Sementara Engkau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Engkau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Engkau menerima perbuatanku yang Engkau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah Engkau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.

Doa akhir tahun ini bisa dibaca pada sore hari setelah salat ashar atau sebelum masuk waktu salat magrib. Niatkan dengan khusyuk agar kesalahan yang pernah kita lakukan di tahun lalu semuanya diampuni oleh Allah SWT. Amin.[]

Advertisement
Advertisement