June 22, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Agar Kualitas Tidur Bagus, Berikut Beberapa Posisi yang Bisa Dipilih

4 min read

JAKARTA – Posisi tidur yang tepat dipercaya dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan. Maka penting untuk mengetahui apa saja posisi tidur yang baik, sehingga badan bisa bugar saat beraktivitas.

Dikutip dari halodoc.com, untuk mengembalikan kebugaran tubuh agar dapat kembali beraktivitas dengan maksimal, posisi tidur yang tepat menjadi salah satu solusinya.

Meski begitu, banyak orang yang belum tahu posisi tidur yang baik agar berdampak baik untuk kesehatannya. Karena faktanya, posisi tidur dapat menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kualitas istirahat.

Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa posisi tidur yang baik untuk dilakukan setiap beristirahat di malam hari agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Kamu mungkin memiliki posisi tidur favorit yang dipilih setiap malam, meski terkadang mengubahnya sesekali. Posisi tidur yang kamu anggap nyaman mungkin saja ternyata tidak membuat tubuh lebih baik saat bangun di pagi hari. Sehingga sakit leher atau punggung bisa saja dialami karena posisi tersebut.

Bahkan, seseorang yang tidak mengaplikasikan posisi tidur yang baik juga dapat mengalami masalah terhadap saluran udara ke paru-paru. Hal tersebut dapat menyebabkan beberapa masalah tidur, seperti apnea tidur obstruktif. Disebutkan juga jika posisi tidur yang salah dapat menyebabkan racun keluar dari otak dengan lebih lambat.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui posisi tidur yang dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan.

Melansir klikdokter.com, berikut beberapa posisi tidur yang baik untuk kesehatan:

 

  1. Tidur Telentang

Salah satu posisi tidur yang baik untuk kesehatan yang pertama adalah tidur telentang. Posisi tidur ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, sehingga seseorang bisa tidur telentang sepanjang malam tanpa harus berganti posisi.

Posisi tidur yang satu ini dapat memberi kesempatan bagi kepala, leher, dan tulang belakang untuk berada dalam posisi netral. Dengan begitu, manfaat tidur telentang dapat mengurangi keluhan nyeri atau pegal-pegal saat bangun tidur.

Kendati demikian, posisi tidur yang satu ini bisa meningkatkan kemungkinan untuk mendengkur. Pasalnya, tidur telentang dapat membuat jalan napas menjadi tidak optimal. Oleh karenanya itu, seseorang yang memiliki kebiasaan mendengkur tidak dianjurkan untuk tidur dalam posisi ini.

Selain itu, penderita GERD (gastroesophageal reflux disease) juga tidak dianjurkan untuk tidur telentang karena dapat mempermudah asam lambung naik ke kerongkongan. Dianjurkan untuk mengganjal kepala dengan bantal yang cukup jika ingin tidur dalam posisi telentang.

 

  1. Tidur Tengkurap

Kedua adalah tidur tengkurap. Nah, jika kamu punya kebiasaan mendengkur saat tidur, coba untuk tidur dengan posisi tengkurap. Apalagi, jika selama ini kamu terbiasa untuk tidur telentang dan sulit tidur menghadap kesamping, maka posisi tidur ini bisa dijadikan pilihan yang baik.

Akan tetapi, tidak terlalu banyak keuntungan lain yang didapat dari posisi tidur ini. Selain itu, tidur tengkurap juga dapat meningkatkan kemungkinan nyeri leher, karena posisi leher berputar hampir 90 derajat. Tidur tengkurap juga menjadi posisi yang kurang ideal bagi tulang belakang.

 

  1. Tidur dengan Lengan ke Atas

Posisi tidur yang bermanfaat untuk kesehatan adalah dengan mengangkat lengan ke atas. Menurut Dokter Resthie, posisi tidur ini disarankan untuk yang memiliki keluhan sakit punggung.

Selain itu, posisi tidur ini ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit, seperti jerawat dan keriput. Akan tetapi, posisi tidur dengan lengan ke atas bisa membuatmu mendengkur dan berpotensi untuk menaikkan asam lambung.

Bahkan, dengan memposisikan tangan ke atas, nantinya bagian bahu akan mendapatkan tekanan berlebih.

 

  1. Tidur Menghadap Samping

Tidur menghadap samping jadi salah satu posisi tidur yang sehat. Untuk yang memiliki gangguan pernapasan atau mendengkur saat tidur, posisi tidur ini paling sesuai untuk dilakukan karena dapat membuka jalan napas.

Mengutip dari Sleep Foundation, posisi tidur menghadap samping juga dapat mengurangi tekanan pada tulang belakang, sehingga dapat membuat otot jadi lebih rileks. Bahkan, posisi tidur miring ke kiri juga dianggap dapat memperlancar aliran darah ke jantung, terutama bagi wanita hamil.

 

  1. Tidur Posisi Bintang Laut

Percaya atau tidak, ada beberapa orang yang tidur dengan posisi bintang laut alias tidur telentang dengan lengan tangan dan kaki yang terbuka lebar.

Menariknya, posisi ini baik untuk dilakukan bagi penderita asam lambung atau dispepsia. Pastikan bagian kepala diganjal dengan bantal yang cukup untuk mencegah asam lambung naik ke tenggorokan.

Meski demikian, posisi bintang laut bisa menyebabkan seseorang mendengkur. Oleh karenanya, gaya tidur yang satu ini tidak disarankan untuk penderita obstructive sleep apnea.

 

  1. Tidur Meringkuk

Ternyata, tidur meringkuk jadi posisi yang paling sering dipilih oleh orang dewasa saat tidur. Tak heran, banyak orang yang tidur menyamping dengan perut dan lutut yang tertekuk seperti bayi.

Apabila meringkuk menghadap kiri, posisi tidur ini dapat bermanfaat bagi ibu hamil karena bisa membantu memperlancarkan sirkulasi darah ke bayi. Selain itu, tidur meringkuk juga jadi posisi terbaik untuk kamu yang punya kebiasaan mendengkur.

Meski demikian, tidur meringkuk tidak dianjurkan untuk orang yang mengalami radang sendi (artritis), terutama pada penderita artritis di daerah punggung.

Pasalnya, posisi meringkuk akan menambah tekanan di daerah punggung dan memperberat nyeri artritis.

 

  1. Tidur dengan Bantal di Bawah Perut

Selanjutnya, posisi tidur yang baik untuk kesehatan adalah tidur dengan bantal yang diletakkan di bawah perut. Posisi ini dapat membantu seseorang yang mengalami susah tidur atau insomnia.

Dengan meletakkan bantal tipis di bawah perut, ini dapat membantu menyelaraskan tulang belakang.

Selain itu, tidur dengan bantal di bawah perut juga baik untuk dilakukan pada penderita hernia atau penyakit degeneratif.

 

  1. Tidur dengan Bantal di Bawah Lutut

Selain meletakkan bantal di bawah perut, kamu juga bisa tidur dengan menyelipkan bantal di bawah lutut. Posisi ini tentu akan terasa nyaman bagi sebagian besar orang.

Bahkan, tidur dengan bantal di bawah lutut sangat disarankan untuk kamu yang sering mengalami nyeri punggung dan gemar tidur telentang tanpa menggunakan bantal.

Nah, itulah beberapa posisi tidur yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur sehingga memberikan dampak positif untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.  []

Advertisement
Advertisement