September 25, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Agar Selama Puasa Mulut Tidak Bau, Lakukan Cara Berikut

3 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

ApakabarOnline.com – Saat berpuasa, mulut tentu akan kering karena kamu tidak mengonsumsi air. Mulut yang kering ini menimbulkan rasa tidak nyaman karena menimbulkan bau tidak sedap. Hal ini tentu sangat mengganggu. Tapi tenang, dikutip dari berbagai sumber, berikut kami punya cara menghilangkan bau mulut saat puasa secara alami, ampuh dan tanpa ribet.

  1. Jaga Kebersihan Mulut

Perawatan gigi yang kurang tepat bisa menyebabkan bau mulut tidak sedap. Hal ini dikarenakan bakteri hidup pada sisa makanan dan terjebak antara gigi dan gusi. Mengendapnya sisa makanan ini meninggalkan sisa gas berbau tak sedap

Untuk membersihkan kotoran mengendap ini tentunya Anda perlu menyikat gigi. Sikat gigi setelah sahur bisa membersihkan sisa makanan yang menyangkut di gigi tempat bakteri berkembang biak.

Anda harus menyikat gigi dengan benar secata menyeluruh dan menjangkau semua bagian mulut, tidak terkecuali sela-sela gigi.

Dengan menyikat gigi setelah sahur,Ada bisa menghindari bau mulut.

Anda tinggal membersihkan mulut dengan menyikat gigi pakai pasta gigi berfluoride dua kali sehari.

Namun, perlu diingat bahwa saat brpuasa kita hanya diperbolehkan untuk menyikat gigi saat setelah waktu sahur dan setelah berbuka puasa. Sebaiknya hindari menyikat gigi menggunakan pasta gigi saat berpuasa karena khawatir akan risiko tertelan yang bisa membatalkan puasa.

  1. Membersihkan Lidah

Selain hanya fokus membersihkan bagian gigi dan gusi, Anda juga perlu membersihkan lidah dan pipi bagian dalam. Ketika menyikat gigi, Anda juga harus sekalian membersihkan lidah karena bakteri penyebab bau mulut bisa berkembang biak di lidah.

Sekarang sudah banyak alat pembersih lidah yang dijual di toko-toko terdekat. Pastikan setiap akan membersihkan lidah, Alat pembersihnya haruslah higienis.

  1. Kumur dengan Baking Soda

Selain hanya denigan menyikat gigi. Anda perlu ekstra untuk menjaga mulut segar seharian.

Cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa seharia adalah berkumur dengan air yang telah diberi 1/4 sendok baking soda bisa membuat mulut terasa lebih segar seharian berpuasa.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sedikit garam dan dua sendok makan air lemon, yang membantu mencegah bakteri penyebab bau mulut.

  1. Teh Hijau

Siapa sangka bahwa minuman sehari-hari ini bisa membantu menghilangkan bau mulut. Karena kandungan zat antioksidan dan polifenol, teh hijau bisa membersihkan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Selain itu, teh hijau juga mengandung zat aktif yang bisa menghilangkan plak dari gigi.

Zat ini bisa membantu pembersihan bakteri di area saluran nafas. Bagi para perokok, teh hijau juga bisa mengurangi gangguan pernafasan.

Namun perlu diingat bahwa konsumsi teh hijau tanpa menggunakan gula ya alias pahit.

  1. Minum banyak air putih

Saat sahur dan seteleah berbuka puasa, kita perlu mengonsumsi banyak air putih. Mengapa? Karena selain menyehatkan dan baik bagi tubuh, ternyata air putih mampu meningkatkan produksi air liur dalam mulut.

Lancarnya produksi air liur ini bisa membantu mulut agar tetap bersih sepanjang hari.

  1. Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, juga bisa mencegah bau mulut saat berpuasa. Selain itu, buah dan sayur secara alami juga dapat melindungi gigi dari plak.

Anda bisa mengkonsumsi buah seperti pir, jeruk atau lemon dan apel untuk menghilangkan bau mulut supaya tetap percaya diri menjalani hari-hari saat puasa.

Demikianlah ulasan mengenai cara menghilangkan bau mulut saat puasa. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat Anda menjalani hari-hari puasa dengan percaya diri tanpa ada gangguan. Semoga bermanfaat.[]

 

Advertisement
Advertisement