August 8, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Agar Tak Menjadi Korban Penipuan Lewat Telpon, Lacak Pakai Aplikasi Anti Scam Berikut Ini

2 min read

JAKARTA –  Kerap dikontak nomor tak dikenal dan khawatir jaringan penipu, pakai cara cepat tak perlu pusing. Kini, melacak nomor HP bukan menjadi hal yang sulit untuk dilakukan, ada beberapa aplikasi yang dapat membantu kalian untuk melacak nomor handphone asing yang mungkin mengganggu kalian, berikut penjelasannya.

Cara melacak nomor HP dengan 7 aplikasi:

  1. Showcaller

Showcaller berfungsi untuk mengidentifikasi nomor telepon yang tak dikenal bahkan hingga mengetahui lokasi detail si penelepon. Kalian juga bisa memblokir nomor untuk menghindari penipuan dan panggilan yang tak diinginkan. Selain menampilkan nama, aplikasi ini juga memperlihatkan alamat beserta komentar mengenai nomor tersebut dari orang lain yang pernah menjadi korban.

 

  1. Whoscall

Aplikasi yang dikembangkan oleh Gogolook ini, dapat mengidentifikasi panggilan yang tidak dikenal. Sehingga pengguna dapat memutuskan untuk menerima atau menolak panggilan tersebut.

Terdapat fitur pengaturan nomor, pemblokiran berdasarkan nomor dan kata kunci dan database offline pada aplikasi ini. Whoscall juga termasuk dalam jajaran Aplikasi Terbaik Google Play 2013 di 8 negara Asia. Pada 2013, aplikasi ini diakuisisi oleh Naver sehingga menjadi satu naungan dengan aplikasi chat Line.

 

  1. Call Blocker Free Blacklist and Whitelist

Aplikasi ini bertujuan untuk menghindari penggunanya dari nomor-nomor telepon yang tak diinginkan. Ia memiliki cara memblokir nomor tak dikenal yang unik dengan hanya mengonsumsi penyimpanan yang rendah sehingga tak memakan memori pada smartphone kalian.

Fitur yang menjadi unggulan selanjutnya adalah Whitelist alias daftar putih. Dimana pengguna bisa membuat daftar nomor yang tak ingin diblokir. Ada juga fitur untuk mendeteksi dan menghentikan telepon spam.

 

  1. Truecaller

Truecaller adalah aplikasi smartphone yang dapat menampilkan nama pengguna yang menelepon meski nomor tersebut belum tersimpan.

Tak hanya dapat mengidentifikasi nomor-nomor anonim, aplikasi ini juga memiliki direktori besar penelepon spam. Pengguna juga bisa menambahkan daftar nomor tertentu sebagai spam.

Dibuat oleh developer True Software Scandinavia AB, aplikasi asal Swedia ini dapat mendeteksi caller ID, contact blocking, SMS spam blocking dan juga berfungsi sebagai dialer. Aplikasi yang dirilis pada 2009 ini tersedia untuk perangkat iOS dan Android.

 

  1. Hiya

Sebelum berubah nama, aplikasi ini bernama Whitepages Caller ID. Dan di versi terbaru ini, barulah bernama Hiya yang hadir dengan serangkaian fitur blok untuk panggilan telepon dan SMS spam.

Terdapat fitur tambahan pada aplikasi ini seperti informasi saat mendapatkan panggilan dari private number dan notifikasi saat ponsel kalian mendapatkan pesan berupa spam, virus, malware, adware, dan spyware.

 

  1. Mr. Number – Block Calls & Spam

Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi sekaligus memblokir nomor telepon yang biasa digunakan untuk melancarkan panggilan dan SMS spam serta penipuan. Kalian juga bisa menggunakannya untuk memblokir panggilan dari nomor asing yang tak dikenal, nomor dengan kode area tertentu serta nomor yang dicurigai sebagai pelaku spam.

 

  1. Tellows – Caller ID & Block

Aplikasi ini dibekali fitur yang memungkinkannya mengetahui info seperti nama, alamat, dan lokasi si penelepon saat kita menerima panggilan masuk. Selain itu, kita juga bisa melihat jenis panggilan dari nomor asing yang dibagi dalam 9 kategori antara lain nomor terpercaya, perusahaan penagih hutang, undian berhadiah, survei, iklan agresif, peneror, penipuan uang, telemarketing, dan modus missed call. Jadi, kita bisa tahu apa tujuan si pemilik nomor menelepon kita. []

 

Advertisement
Advertisement