July 13, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Agar Tetap Berdaya, PMI Purna DIlatih Skill Tataboga

1 min read

JAKARTA – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Nakertrans) Provinsi Sulteng mengadakan pelatihan tata boga untuk puluhan purna Pekerja Migran Indonesia (PMI), Rabu, 8 Maret 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Swasta yang telah terakreditasi dengan presentase teori maksimal 2 persen.

Pelatihan tata boga bagi purna PMI Sulteng bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan bekal keahlian di bidang tata boga agar menjadi produktif dan siap berwirausaha.

Kepala Dinas Nakertrans Sulteng, Arnoldi Firdaus mengatakan istilah purna PMI digunakan sebagai penyebutan yang lebih halus dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Tenaga Kerja Wanita (TKW).

Peserta dilatih untuk meningkatkan kemampuan, sehingga nantinya tak hanya sekadar menjadi pekerja saja tetapi juga bisa memperkerjakan orang lain.

“Pesan kami kepada seluruh peserta berwirausaha bukan sekedar mencari keuntungan tapi juga harus bisa membuka lapangan kerja, tekun, serius dan ikhlas dalam menjalani,” kata Arnold.

Tak hanya itu, para purna PMI juga diberikan pendampingan dalam rangka perlindungan pasca bekerja untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. []

Advertisement
Advertisement