January 31, 2023

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Apakah Rentetan Gempa dan Erupsi Gunung Berapi Berkait ? Begini Penjelasan Badan Geologi

2 min read

JAKARTA –  Indonesia belakangan ini sedang dilanda bencana alam seperti gempa bumi dan erupsi gunung api. Gempa bumi dan erupsi gunung api yang terjadi secara beruntun ini tentunya menimbulan beragam pertanyaan, apakah keduanya saling berkaitan.

Ambil contoh gempa bumi di Cianjur yang memunculkan spekulasi adanya keaktifan dari Gunung Gede, Pangrango, Jawa Barat. Terkait hal itu, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) buka suara, bahwasanya gempa bumi Cianjur tidak berkaitan dengan Gunung Gede, Pangrango tersebut.

“Saat ini kondisi Gunung Gede, Pangrango sedang dalam status istirahat. Jadi tidak ada kaitannya,” terang Koordinator Gunung Api PVMBG, Oktory Prambada dalam Konfrensi Pers yang diadakan kemarin, Rabu (07/11/2022).

Contoh lainnya, berkenaan dengan gempa yang terjadi di Jember, Jawa Timur dengan magnitudo mencapai 6,2 pada Rabu (07/11/2022). Di mana saat ini Jawa timur juga sedang dilanda erupsi Gunung Api Semeru.

Oktory menyebutkan, gempa yang terjadi di Jember di laut sementara erupsi gunung ada di darat. Itu artinya sangat jauh atas keterkaitan hubungannya.

“Kalaupun ada hubungannya juga memerlukan waktu tidak sebentar. Mungkin ada hubungannya dengan dinamika magma, tetapi pengaruhnya ke gunung api sendiri tidak akan secara langsung mempengaruhi aktivitas dari gempa,” tandas dia.

Satu contoh lagi, kata Oktory, kejadian gempa bumi di Yogjakarta, Jawa Tengah pada tahun 2006. Hal itu tidak mempengaruhi aktivitas Gunung Merapi. erupsi di Gunung Merapi, Jawa Tengah pada tahun 2006. “Ini membutuhkan waktu beberapa bulan setelah gempa, akhirnya guguran itu terjadi. Jadi tidak selalu gempa bumi ini mereaktifasi gunung api,” tanda Oktory.

Seperti yang diketahui, pagi ini, wilayah Sukabumi juga digoyang gempa beruntun dari mencapai 5,8 Magnitudo. Pusat gempa berada di 22 kilometer (km) Tenggara kota Sukabumi. Sementara, gempa susulan juga terjadi pukul 8:05, dengan magnitudo 2,8.

“Gempa Dirasakan Magnitudo: 5.8, Kedalaman: 104 km, 08 Des 2022 07:50:57 WIB, Koordinat: 7.11 LS-106.99 BT (Pusat gempa berada di darat 22 km Tenggara Kota Sukabumi),” tulis lembaga itu dalam pembaruan gempa pertama.

“Gempa Mag:2.8, 08-Dec-2022 08:05:50WIB, Lok:7.36LS, 106.82BT (50 km BaratDaya KOTA-SUKABUMI-JABAR), Kedlmn:74 Km,” []

Advertisement
Advertisement