November 30, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Awalnya, 80% Perempuan di Jabar Menjadi PMI, Sekarang Jumlahnya Terus Menurun

1 min read
Prime Banner

BANDUNG – Provinsi Jawa Barat, merupakan salah satu provinsi pengirim pekerja migran Indonesia di berbagai negara tujuan penempatan. Banyak wilayah di Jawa Barat yang menjadi kantong pekerja migran. Dan perempuan merupakan bagian penting dari banyaknya pekerja migran asal Jawa Barat.

Hal tersebut diakui oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam sambutannya saat menerima menerima penghargaan anugerah Indonesia Awards 2020 untuk kategori Ekonomi Kreatif dan Pariwisata dari sebuah stasiun TV swasta Nasional di Jakarta pada Rabu (07/10/2020) kemarin.

Mengutip iNews.id, dalam pernyataannya, Ridwan Kamil menyebut, semula 80% ibu ibu di Jawa Barat menjadi pekerja migran di berbagai negara penempatan. Namun saat ini Emil semakin bersyukur, angka tersebut setiap tahun mengalami penurunan.

“Setelah kita kembangkan pariwisata, ternyata (yang jadi TKW) turun 30 persen,” kata Emil.

Mantan Wali Kota Bandung itu mengatakan, saat ini Jabar bahkan menjadi salah satu daerah penyumbang besar untuk sektor ekonomi kreatif dan pariwisata. Ekonomi kreatif Jabar sepertiga ekspor Indonesia.

“Ekonomi kreatif datang dari Jabar,” tutur Emil.

Menutup sambutan, Emil pun kembali memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada iNews. Namun, kali ini dia ucapkan dengan sebuah pantun.

“Hadiah pantun dari saya, ikan hiu makan tomat begitu maknyus, i love so much kru iNews,” pungkasnya. []

 

Advertisement