May 31, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Berawal dari Kejebak Pandemi Saat Cuti Tidak Bisa Kembali, Ternyata Rejeki Ayu Lestari Ada di Kampung Sendiri

1 min read

JAKARTA – Banyak cerita dibalik pandemi corona yang mendera seluruh dunia setahun kemarin. Salah satunya yang menimpa seorang pekerja migran Indonesia asal Kediri ini.

Saat didera pandemi corona, Maret 2020 yang semestinya dia harus kembali ke negara penempatan untuk kembali bekerja usai menjalani cuti di kampung halaman, ternyata Lestasi tidak bisa menembus pagar lockdown yang diberlakukan di hampir seluruh negara.

Walhasil, tidak ingin berpangku tangan, pengalaman pernah bekerja di beberapa negara, dicoba untuk diberdayakan di kampung sendiri.

Siapa sangka, pengetahuan Lestari membuat menu nasi lemak menjadi jalan rejeki tanpa harus kembali ke negara penempatan menjadi PMI.

“Sempat berniat kembali  pada bulan Maret 2020, tetapi karena Covid-19 semakin mewabah,” jelas lestari.

Akhirnya dengan kemantaban hati, Lestari memutuskan untuk membuka usaha nasi lemak dengan resep yang telah dia kuasai, ditambah memantabkan diri dengan mereview ilmu dari beberapa teman yang dia kenal.

Lestari pun mendirikan warung dengan sebuah gerobak dan mangkal di tepi jalan, jualan utamanya adalah nasi lemak khas Melayu.

Warung  Lestari bernama Chili Api yang awalnya berlokasi di pinggir jalan menuju Jembatan Wijayakusuma antara Kecamatan Mojo dengan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri.

Namun, banyaknya peminat akhirnya kini ia membuka dua cabang baru di seputar Pondok Al-Falah Ploso serta Kelurahan Bandar Kidul, Kota Kediri.

Kesuksesan Lestari sebagai mantan PMI tak terlepas dari kecerdikannya memanfaatkan YouTube dan media sosial lainnya untuk promosi. Sampai warungnya viral dan sukses sampai sekarang. []

 

Advertisement
Advertisement