July 21, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Berpotensi Melambungkan Asam Urat, Berikut Deretan Seafood yang Harus Diwaspadai

2 min read
Seafood (Foto istimewa)

Seafood (Foto istimewa)

JAKARTA – Ternyata tak semua ikan aman untuk penderita asam urat. Penyakit asam urat adalah kondisi peradangan yang bisa menimbulkan rasa nyeri intens di persendian.

Kondisi kesehatan ini tentu memerlukan perhatian termasuk beberapa makanan pantangan yang wajib diabaikan. Asam urat memerlukan penanganan termasuk pola makan sehat dengan rendah purin.

Bila Anda menderita asam urat, sebaiknya hindari ikan yang termasuk dalam “kategori purin tinggi”, atau ikan dengan kandungan purin 200 miligram atau lebih per 100 gram ikan seperti dilansir dari Kontan.co.id.

Ikan lain dengan kadar purin tinggi antara lain ikan herring, mackerel, sarden, scallop, hingga trout. Beberapa makanan termasuk seafood termasuk kepiting, lobster, trout, dan tuna.

Purin merupakan zat alami yang berperan mengatur pertumbuhan sel hingga menyediakan energi. Pada dasarnya, tubuh membutuhkan purin untuk berfungsi normal. Namun kadar purin yang terlalu tinggi dapat meningkatkan produksi asam urat.

Melansir Cnnindonesia.com, berikut ikan yang tak boleh dimakan penderita asam urat, diantaranya:

 

  1. Ikan teri

Pada dasarnya, ikan ini mengandung banyak nutrisi, mulai dari vitamin B3, B12, hingga selenium. Ikan teri juga baik bagi pertumbuhan tulang yang kuat. Ikan teri bisa memicu produksi asam urat. Per 100 gram ikan teri mengandung sekitar 410 miligram purin.

 

  1. Ikan sarden

Sarden jadi salah satu ikan yang paling mudah diolah. Ikan ini juga hadir dalam bentuk kalengan yang tinggal dipanaskan. Namun perlu dicatat, dalam setiap 100 gram ikan sarden terkandung 210 miligram purin. Orang dengan asam urat perlu mewaspadainya.

 

  1. Ikan makarel

Jenis ikan makarel tertentu juga dikenal tinggi purin. Ikan itu adalah Pacific jack mackerel. Dalam setiap 100 gram ikan makarel ini terdapat sekitar 246 miligram purin.

 

  1. Ikan trout

Ikan trout dikenal sebagai ikan yang mengandung kolesterol. Tapi selain kolesterol, ikan satu ini juga tinggi purin. Dalam setiap 100 gram ikan trout terkandung sekitar 297 miligram purin. Meski masih ada di bawah batas yang ditentukan (400 miligram), namun konsumsi ikan trout tetap perlu dibatasi.

 

  1. Ikan tuna

Tuna kaya nutrisi, mulai dari vitamin C, B6, D, zat besi, magnesium, dan kalsium. Sayangnya, ikan tuna juga bisa berbahaya bagi penderita asam urat. Ada sekitar 257 miligram purin per 100 gram ikan tuna. []

Advertisement
Advertisement