April 18, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Cara Mendapatkan Tidur Malam yang Sempurna

2 min read

JAKARTA – Tidur yang cukup dapat membuat stamina seseorang terjaga. Pasalnya, tidur adalah hal yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan sehingga kita harus melakukannya dengan kualitas yang baik.

Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dengan rajin berolahraga, mengurangi konsumsi minuman beralkohol, hingga melakukan kegiatan relaksasi sebelum tidur.

Berikut cara mendapatkan tidur yang berkualitas di malam hari dilansir dari Kompas.com dan Detik.com:

 

  1. Mendapatkan paparan cahaya matahari di siang hari

Mendapatkan paparan cahaya matahari di siang hari dapat membantu untuk mengatur ritme sirkadian yang merupakan jam biologis di dalam tubuh.

Mendapatkan paparan cahaya matahari yang cukup tidak hanya dapat meningkatkan energi di siang hari, namun juga meningkatkan durasi dan kualitas tidur di malam hari.

 

  1. Kurangi paparan cahaya biru di malam hari

Cahaya biru berasal dari berbagai perangkat elektronik, termasuk handphone. Oleh karena itu, matikanlah handphone ketika akan tidur di malam hari fokus untuk istirahat.

 

  1. Hindari kafein

Minuman atau makanan yang mengandung kafein sering dikonsumsi oleh banyak orang ketika mereka sedang bekerja. Namun, ketika hari sudah memasuki waktu sore, sebisa mungkin hindari kafein karena zat ini mempunyai efek agar tubuh tetap terjaga.

 

  1. Menghindari makan mendekati waktu tidur

Makan di malam hari mendekati waktu tidur dapat berdampak buruk pada kualitas tidur. Selain itu, makan dengan porsi banyak sebelum tidur juga dapat meningkatkan risiko penyakit asam lambung sehingga tidur menjadi tidak nyenyak.

 

  1. Melakukan kegiatan relaksasi

Melakukan kegiatan relaksasi sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi gangguan tidur, seperti insomnia. Beberapa kegiatan relaksasi yang dapat dicoba, seperti mendengarkan musik yang menenangkan, mandi dengan air hangat, membaca buku, hingga melakukan meditasi.  []

Advertisement
Advertisement