August 3, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Bersama Rombongan PMI dari Singapura, 103 PMI Hong Kong yang Mendarat di Surabaya Langsung Masuk Asrama Haji Semua

2 min read
Feature image Bersama Rombongan PMI dari Singapura, 103 PMI Hong Kong yang Mendarat di Surabaya Langsung Masuk Asrama Haji Semua (Foto Istimewa)

Feature image Bersama Rombongan PMI dari Singapura, 103 PMI Hong Kong yang Mendarat di Surabaya Langsung Masuk Asrama Haji Semua (Foto Istimewa)

Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

SURABAYA – Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal singapura dan Hongkong, kembali mendarat di bandara Internasional Juanda, Jumat (16/07/2021) kemarin.  Sebelum pulang ke daerah asal, para PMI tersebut akan  menjalani karantina di Asrama Haji Sukolilo Surabaya setelah dilakukan tes Swab.

Informasi data kedatangan PMI diperoleh  dari UPT Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja (UPT P2TK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim, Budi Raharjo  dan Posko terpadu Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Jatim di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Dikatakannya budi, PMI yang datang hari ini  menggunakan penerbangan Scoot Tiger Air Flight TR 262 (A320) mendarat pukul 09.35 wib dengan membawa  Penumpang 84 orang dimana 78 di asrama Haji dan 6 Isolasi di Hotel.

Kedua yaitu penerbangan dengan menggunakan pesawat Cathay Pacific CX 2779 dengan membawa penumpang 103 orang. Dimana PMI yang datang ini masuk karantina di asrama haji.

Apabila hasilnya negatif, maka PMI diperbolehkan pulang ke daerah asal dengan dijemput oleh pemerintah daerah setempat, atau secara mandiri namun dengan pantauan pemerintah daerah setempat,jika hasil swab PMI dinyatakan positif Covid-19 maka harus diisolasi di Rumah Isolasi Orang Tanpa Gejala (OTG) di area Muzdalifah Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Pantauan dilapangan, petugas kesehatan mulai menyiapakan alat tes Swab PCR buat para PMI yang datang pada kloter pertama dari Singapura, dan tempat cuci tangan serta hand saniteszer juga disiapkan. Dan juga para petugas BPBD juga telah melakukan pembersihan tempat ruang kamar tidur dengan penyemprotan disinfektan.

Untuk sterilisasi tempat, petugas telah melakukan penyemprotan disinfektan tiap hari, total penyemprotan sebanyak 41 kali. Selain itu petugas juga menyediakan berbagai bahan makanan dari berbagai pihak berupa beras  sejumlah 3 ton, Mi Instan, tempat cuci tangan, snack, paket makanan ringan, dan air mineral.

Sedangkan untuk kesiapan makanan, dapur umum posko karantina Asrama Haji Surabaya tiap hari telah menyediakan 600 porsi makan pagi, 600 porsi makan siang, dan 600 makan malam. Jumlah konsumsi yang disiapkan sebanyak 1800 porsi. []

Kominfo Prov Jatim

Advertisement
Advertisement