November 28, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Berserah (Baca Bersyukur) dengan Menyerah (Baca Pasrah) Itu Berbeda

2 min read
Prime Banner

ApakabarOnline.com – Pada umumnya, ada dua sikap yang bisa kamu tunjukkan saat mengalami suatu kejadian atau mendapatkan takdir yang sama sekali tidak sesuai dengan harapan dan keinginanmu. Sikap pertama adalah bersyukur, sedangkan sikap kedua adalah pasrah.

Meski sikap yang ditunjukkan adalah sama-sama menerima kejadian tersebut, bersyukur dan pasrah tetap saja memiliki makna yang sangat jauh berbeda.

Berikut ini adalah perbedaan mendasar dari bersyukur dengan pasrah yang perlu kamu ketahui.

 

  1. Bisa Mengambil Pelajaran dari Setiap Kejadian

Saat kamu bersyukur, kamu akan menerima dengan lapang dada dan berterima kasih atas setiap kejadian yang sudah kamu dapatkan. Namun bukan hanya itu, sikap bersyukur bisa membuatmu mengambil pelajaran agar bisa lebih baik lagi di masa mendatang. Sedangkan, sikap pasrah hanya membuatmu langsung menerima setiap kejadian begitu saja, tanpa ada hal yang bisa dipetik dari kejadian-kejadian tersebut.

 

  1. Mau Berusaha Lebih Gigih Daripada Sebelumnya

Orang-orang yang bersyukur akan berusaha lebih gigih lagi saat usahanya tidak memberikan hasil yang maksimal. Jadi, mereka bukan hanya pasrah menerima keadaan, namun juga memperbaiki usahanya agar dapat hasil yang lebih baik. Sedangkan orang-orang pasrah hanya akan menerima takdir begitu saja, mereka merasa cukup meskipun sebenarnya sangat kecewa dengan hasil yang didapatkan.

 

  1. Tidak Suka Mengikuti Arus

Mereka yang bersyukur tidak suka mengikuti arus, meskipun mereka selalu menerima setiap kondisi yang ada. Sedangkan, orang yang pasrah lebih suka mengikuti arus, sebab mereka menganggap hidup dapat terus mengalir jika mereka tetap mengikuti arus yang ada. Padahal, mereka hanya merasa malas untuk berusaha lebih giat atau melawan arus yang ada.

 

  1. Pantas Mengapresiasi Apa yang Sudah Diperoleh

Jika kamu sudah berusaha secara maksimal, kamu boleh mengapresiasi hasil apapun yang sudah kamu dapatkan. Kamu pantas melakukan hal tersebut karena sesuai dengan jerih payah. Namun, jika kamu tidak melakukan usaha apapun, tidak ada yang bisa kamu apresiasi, meskipun hasil yang kamu peroleh adalah positif.

 

  1. Lebih Menghargai Proses Daripada Hasil

Seseorang bisa merasa bersyukur karena mereka tahu proses apa saja yang telah mereka lalui. Jadi, meski hasilnya tidak sesuai dengan harapan dan keinginan, mereka tetap bisa menerima dengan lapang dada. Bagi mereka proses lebih penting daripada hasil yang diperoleh. Sedangkan orang yang pasrah biasanya tidak bisa menikmati setiap proses yang ada dan hanya terpaku pada hasilnya saja. []

Advertisement