April 18, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Besarnya Manfaat Air Mineral yang Sering Diabaikan

2 min read

JAKARTA – Air mineral memang seringkali disepelekan oleh beberapa orang, mungkin karena dianggap sebagai minuman yang sederhana dan umum. Namun, penting untuk diingat bahwa air mineral memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Kebutuhan air mineral tubuh bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk usia, berat badan, tingkat aktivitas fisik, kondisi kesehatan, dan lingkungan tempat tinggal. Secara umum, panduan umum adalah minum sekitar 8 gelas (sekitar 2 liter) air per hari.

Minum air mineral sangat penting untuk kesehatan tubuh. Beberapa alasan mengapa minum air mineral memiliki peran krusial meliputi:

 

  1. Menjaga Hidrasi: Air merupakan komponen utama tubuh, dan menjaga keseimbangan cairan penting untuk fungsi organ, termasuk ginjal, serta membantu regulasi suhu tubuh.

 

  1. Pembersihan Toksin: Air membantu mengeluarkan zat sisa dan toksin dari tubuh melalui proses buang air kecil, yang mendukung fungsi ginjal dan sistem ekskresi.

 

  1. Menjaga Fungsi Organ: Hidrasi yang baik mendukung fungsi organ-organ vital, termasuk jantung, paru-paru, dan otak.

 

  1. Menghindari Dehidrasi: Dehidrasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kelelahan, pusing, dan konstipasi. Minum cukup air membantu mencegah dehidrasi.

 

  1. Pertumbuhan Sel dan Jaringan: Air juga diperlukan untuk proses pertumbuhan dan pemeliharaan sel-sel tubuh.

 

  1. Pendukung Nutrisi: Air membantu dalam transportasi nutrisi ke seluruh tubuh, membantu proses pencernaan, dan penyerapan zat-zat gizi.

Penting untuk minum air yang cukup setiap hari, dan kebutuhan air dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti usia, berat badan, tingkat aktivitas fisik, dan kondisi kesehatan.

Dilansir dari Halodoc.com dan Aladokter.com, berikut manfaat air mineral untuk kesehatan tubuh:

 

Meningkatkan kesehatan tulang

Asupan kalsium memiliki peran penting untuk kesehatan tulang di semua tahap kehidupan. Air mineral terbukti menjadi sumber kalsium yang baik.

 

Menjaga kesehatan jantung

Air mineral bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Tingkat kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan kondisi lainnya. Sedangkan air mineral membantu menjaga jantung agar tetap sehat dan bekerja baik.

 

Menurunkan tekanan darah

Mengonsumsi magnesium dan kalsium dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Anda bisa mendapatkan kedua nutrisi tersebut dari air mineral, sehingga air mineral dipercaya bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah.

 

Mengatasi sembelit

Manfaat air mineral selanjutnya adalah mengatasi sembelit. Hal ini didukung oleh magnesium yang dapat menarik air ke dalam rongga usus, sehingga membuat tinja lebih lunak dan mudah dikeluarkan. []

Advertisement
Advertisement