January 28, 2023

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

BMKG Keluarkan Peringatan Dampak Siklon Darian

2 min read

JAKARTA –  Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat waspada dampak siklon tropis Darian berupa gelombang tinggi.

“Siklon tropis Darian saat ini terpantau di Samudra Hindia barat daya Bengkulu,” kata Deputi Bidang Meteorologi, BMKG, Guswanto dikutip dari Antara di Jakarta, Rabu (21/12).

Ia mengemukakan, siklon tropis Darian itu tepatnya di 14,1 derajat Lintang Selatan dan 92,5 derajat Bujur Timur atau sekitar 1.570 kilometer (km) sebelah barat daya Bengkulu dengan kecepatan angin maksimum 90 knots (165 km/jam) dan tekanan udara minimum 952 milibar (mb) bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

“Diperkirakan intensitas siklon tropis Darian persisten dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat daya menjauhi wilayah Indonesia,” kata dia lagi.

Guswanto melanjutkan, wilayah terdampak siklon tropis Darian itu berupa gelombang laut tinggi hingga empat meter.

Dia paparkan, gelombang tinggi sekitar 1,25-2,5 meter berpotensi terjadi di Selat Malaka bagian utara, perairan timur Kepulauan Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, dan teluk Lampung bagian selatan.

Gelombang lebih tinggi sekitar 2,5-4 meter berpotensi terjadi di perairan utara Aceh, perairan barat Aceh, perairan barat Kep. Nias hingga Kep. Mentawai, perairan Pulau Enggano-Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudra Hindia barat Sumatra, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Jawa, dan Samudra Hindia selatan Jawa.

Pada sisi lain, Guswanto juga menyampaikan, bibit siklon tropis 90S juga terpantau di Laut Timor. Tepatnya di 10,8 derajat Lintang Selatan dan 127,9 derajat Bujur Timur dengan kecepatan angin maksimum 15 knots dan tekanan udara minimum 1.010 mb bergerak ke arah tenggara-selatan menjauhi wilayah Indonesia.

“Diperkirakan potensi bibit siklon tropis 90S untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan dalam kategori rendah,” terang dia. []

Advertisement
Advertisement