[BREAKING NEWS] Kembali Alami Erupsi, Gunung Merapi Berstatus Waspada

Prime Banner

SLEMAN – Hari masih pagi. DIsaat penduduk baru saja akan mengawali aktifitasnya, sekira jam 05:21 pagi ini (28/03/2020), Gunung Merapi kembali mengalami erupsi.

Data BPPTKG Yogyakarta menyebutkan, erupsi tercatat di seismograf dengan amplitudo 50 mm dan durasi 180 detik. Teramati tinggi kolom erupsi 2000 m dan arah erupsi ke Barat. Status waspada.

Dengan demikian, sejak kemarin (Jumat, 27/03/2020), Gunung Merapi telah tiga kali mengalami erupsi secara berturut-turut.

Dalam erupsi yang terjadi kemarin, kawah Gunung Merapi sempat mengeluarkan awan panas dengan lontaran sejauh 2 km.

Dikutip dari Antara, Warga di sebagian desa di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah sempat panik dan berlarian keluar rumah saat mendengar suara gemuruh dari arah Gunung Merapi. Hujan abu juga melanda wilayah Kabupaten Magelang akibat erupsi tersebut.

Kepala Desa Klakah, Marwoto mengatakan suara letusan dari arah gunung Merapi juga terdengar dari wilayahnya. Warga kaget dan langsung berlarian keluar dari rumah.

“Warga sempat panik karena puncak Merapi tertutup kabut tebal saat kejadian. Puncak Merapi tidak terlihat, tiba-tiba asap membumbung tinggi condong ke arah barat dan selatan,” katanya.

Suara gemuruh juga mengagetkan warga Desa Jrakah, Boyolali. Kepala Desa Jrakah, Marwoto mengatakan warga sempat panik saat mendengar suara gemuruh dari puncak Gunung Merapi.

Sementara itu, sebagian wilayah di Kabupaten Magelang dilanda hujan abu akibat erupsi dari Gunung Merapi. []

You may also like...