November 30, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Bukan Hanya Pada Uang Kertas, Virus Corona Bisa Bertahan Hidup di Layar Smartphone Selama 28 Hari

2 min read
Prime Banner

ApakabarOnline.com – Smartphone menjadi salah satu perangkat yang kini sangat sering dipegang oleh orang-orang. Pasalnya smartphone sendiri menjadi alat yang dipakai orang untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi di era modern seperti ini.

Namun apakah kalian tahu bahwa layar smartphone merupakan sarang tempat bakteri dan juga penyakit menempel? Bahkan baru-baru ini disebutkan bahwa virus corona (COVID-19) ternyata juga bisa menempel di permukaan layar smartphone.

Hal tersebut dilaporkan oleh Australia National Science Agency dimana melalui penelitian terbarunya, disebut bahwa COVID-19 bisa menempel di layar smartphone dan bertahan hidup sampai 28 hari.

Pakar Mengingatkan, Virus Corona Bisa Bertahan Hingga 28 Hari Menempel di Uang Kertas dan Benda-Benda Berikut Ini

Tapi sebelum kalian panik dan khawatir, perlu diketahui bahwa penelitian tersebut dilakukan oleh pihak Australia National Science Agency di ruangan tanpa cahaya. Hal tersebut membuat kemungkinan virus corona bertahan hidup di lingkungan biasa bisa saja lebih kurang dari apa yang disebutkan tersebut.

Pasalnya sebelumnya sudah ada bukti dimana virus corona ternyata dapat ‘dibunuh’ menggunakan sinar UV (Ultraviolet). Maka dari itulah durasi virus corona untuk bertahan hidup di layar smartphone bisa saja hanya beberapa hari saja dan tidak sampai 28 hari.

Tanda-Tanda Seseorang Sedang atau Pernah Terinfeksi Virus Corona Tanpa Disadari

Meskipun begitu, tetap saja penelitian ini menunjukkan bahwa pengguna smartphone saat ini harus sering-sering membersihkan layar smartphone mereka atau mencuci tangan usai menyentuh layar smartphone dalam waktu yang lama.

Sekedar informasi, sebelumnya CDC sendiri sempat melaporkan bahwa virus corona memang bisa hidup di berbagai permukaan seperti kaca, plastik, besi, hingga kertas. Maka dari itulah layar smartphone juga menjadi salah satu permukaan yang harus diwaspadai. [net]

Advertisement