June 15, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Cara Menyimpan Parfum Agar Wanginya Tahan Lama

2 min read

JAKARTA – Menyemprotkan parfum akan membuat aroma tubuh wangi sehingga kepercayaan diri Anda bisa meningkat saat bertemu dengan banyak orang. Namun karena benda cair dan gas, parfum akan kehilangan aroma seiring berjalannya waktu. Berikut ini adalah tujuh cara menyimpan parfum agar wanginya tahan lama.

Jika salah menyimpan perubahan aroma parfum bisa cepat terjadi. Dari parfum koleksi Anda malah keluar aroma tidak sedap.

Jika disimpan dengan tidak benar, parfum bisa mulai rusak setelah beberapa bulan. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut 7 tips cara menyimpan parfum agar wanginya tahan lama.

 

  1. Tutup botol parfum dengan rapat

Penting untuk diperhatikan akan terjadi oksidasi jika tutup parfum dibiarkan terbuka. Aroma parfum akan menyebar sehingga wanginya akan hilang sekalipun cairan parfum masih tersisa.

Selain itu, udara yang terlalu banyak di dalam botol parfum dapat menyebabkan oksidasi dan merusak aroma. Karenanya setelah digunakan pastikan untuk menutup botol parfum dengan rapat.

 

  1. Jangan kena sinar matahari langsung

Cahaya merusak riasan cairan beraroma dan juga dapat melelehkan botol parfum jika terbuat dari plastik. Untuk menghindari perubahan DNA sensitif wewangian, simpan botol parfum di tempat yang bebas dari cahaya matahari agar parfum kamu bertahan lebih lama.

Jauhkan parfum dari sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari dapat merusak komponen-komponen parfum dan mengurangi keawetan aromanya.

 

  1. Simpan di tempat kering

Simpan parfum di tempat yang tidak terlalu lembab. Kelembaban tinggi dapat menyebabkan perubahan kimiawi parfum. Kelembaban bisa merusak struktur molekuler parfum dan mengubah aromanya.

Lingkungan lembab merupakan tempat yang baik untuk pertumbuhan jamur dan bakteri. Jika parfum terpapar kelembaban yang berlebihan, dapat terjadi pertumbuhan mikroorganisme yang dapat merusak parfum dan menciptakan bau yang tidak diinginkan.

 

  1. Jangan simpan di kamar mandi

Meskipun parfum kamu namanya eau de toilette namun tidak boleh disimpan di kamar mandi. Kesalahan penyimpanan paling umum yang dilakukan adalah menyimpan botol parfum di kamar mandi.

Menegaskan kembali perlunya menyimpan wewangian kamu di tempat yang kering, kamar mandi memiliki kelembapan dan fluktuasi suhu yang ekstrim. Sebaiknya, carilah lemari atau lemari di luar kamar mandi untuk menyimpan parfum.

 

  1. Simpan di kemasan aslinya

Jika parfum Kamu datang dalam kemasan khusus, sebaiknya simpan dalam kemasan tersebut. Botol parfum sering kali dirancang untuk melindungi aroma dari paparan udara dan cahaya.

 

  1. Simpan di rak paling bawah

Tips ini untuk menghindari parfum tumpah dan terjatuh dari tempat ketinggian. Meskipun botolnya tidak pecah, turbulensi saat botol jatuh dapat memutuskan ikatan kimia dan merusak bau. Jadi sebaiknya simpan parfum di rak paling bawah.

 

  1. Hindari mengocok parfum dengan berlebihan

Meskipun mengocok parfum katanya bisa membantu mengeluarkan aroma parfum lebih baik namun justru sebaliknya. Mengocok parfum sebelum digunakan bisa menyebabkan oksidasi yang tidak diperlukan melalui gelembung di cairan parfum.

Selain itu, jangan menyemprotkan terlalu banyak parfum setiap kali menggunakannya. Jumlah yang sesuai dengan takaran akan membantu parfum lebih tahan lama.

Dengan menjaga parfum kamu dari faktor-faktor yang dapat merusaknya, kamu dapat memastikan bahwa wanginya tetap awet dan tahan lama. []

Advertisement
Advertisement