May 18, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Agar Barang Bawaan Lolos Pengecekan Barang dari Bea Cukai Saat Hendak ke Luar Negeri

2 min read

JAKARTA – Saat melakukan perjalanan ke luar negeri tentunya segala perlengkapan harus disiapkan. Untuk itu kita harus mengetahui beberapa hal tentang aturan barang bawaan dari dalam dan luar negeri.

Sekarang sudah ada aturan terbaru terkait pembatasan barang bawaan penumpang dari luar negeri yang boleh masuk ke Indonesia. Pembatasan itu sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 36 Tahun 2023 yang mulai berlaku 10 Maret 2024 ini.

Adapun pelaksana dari aturan ini adalah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan. Ada 11 jenis barang bawaan yang dibatasi, mulai dari bahan tekstil, sepatu, perhiasan, kosmetik, hingga beras dan gula.

Menurut publik, aturan tersebut hanya mempersulit keberangkatan dari dalam maupun luar negeri. Tak sedikit publik yang merasa keberatan tentang pembatasan dan pelaporan barang bawaan.

Ternyata ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar barang bawaan aman saat pemeriksaan Bea Cukai. Berikut ini kiatnya:

 

  1. Jangan membeli barang dengan nilai di atas US$1.500

Dalam aturan Permendag nomor 36 terdapat aturan yang menyatakan pembelian mutiara, perangkat elektronik, dan produk hewan tidak melebih FOB US%1.500. Mengingat aturan tersebut belum direvisi, untuk sementara Anda disarankan membawa barang dibawah harga tersebut untuk terhindar dari sanksi Bea Cukai.

 

  1. Harga barang yang dibeli harus dibawah US$500

Barang yang Anda beli di luar negeri untuk keperluan pribadi dengan jumlah yang wajar pastikan tidak melebihi US$500. Sebab, jika melebihi batas Anda akan dikenakan pungutan bea masuk yang meliputi bea masuk flat sebesar 10%, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 11% dan pajak penghasilan 10% dengan NPWP atau 20% jika tidak memiliki NPWP.

 

  1. Harus jujur melaporkan jumlah barang bawaan

Pastikan Anda mengisi custom declaration dengan jujur dan sesuai. Jika tidak, barang bawaan akan dicurigai dan berpotensi disita oleh petugas Bea Cukai.

 

  1. Upayakan mengemasi barang dengan baik dan rapi

Hindari menggunakan kardus untuk mengemas barang. Sebab ini akan menimbulkan kecurigaan dari petugas Bea Cukai yang pastinya akan ditindak lanjuti dengan cara dibongkar. Anda bisa menaruh barang Anda di tumpukan pakaian yang terkemas di dalam koper atau ransel. []

Advertisement
Advertisement