November 29, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Cintamu Ditolak ? Jangan Ngamuk Di Sosial Media Apalagi Nuduh yang Enggak-Enggak, Begini Cara Mengobatinya

2 min read
-

ApakabarOnline.com – Pasti kamu pernah merasakan patah hati akibat ditolak, saat menyatakan cinta. Pengalaman tersebut bahkan dapat menjadi salah satu titik terendah dalam hidupmu. Penolakan, terkadang membuat seseorang merasa buruk bahkan menyalahkan diri sendiri.

“Tidak ada yang suka penolakan. Kita mendapatkan kepercayaan diri dari koneksi kita dalam hidup, baik dari persahabatan dan hubungan asmara. Sebab, hal tersebut membantu kita merasa disukai dan dicintai,” ujar Pendiri The Chelsea Psychology Clinic, Elena Touroni, yang  dari Metro UK, pada Selasa, (03/08/2021).

“Kita mungkin mempertanyakan apakah kita melakukan sesuatu yang salah? Namun sayangnya, penolakan adalah bagian tak terelakkan dari kehidupan, termasuk dalam berkencan. Karena itu, penting untuk mencoba menemukan kedamaian dengannya,” tambahnya.

Lalu, bagaimana cara mengobati patah hati saat cinta ditolak? Berikut empat caranya.

 

Menerima apapun yang kamu rasakan

Hal terpenting yang harus dilakukan setelah menerima penolakan apapun, yakni menerima apa yang kamu rasakan seperti sedih, kecewa atau marah.

“Mengubur perasaan kamu bisa jadi obat yang cepat dalam jangka pendek, tetapi tidak sehat dalam jangka panjang. Tidak apa-apa untuk mengalami kesedihan, kemarahan, kekecewaan atau apa pun yang mungkin kamu rasakan,” ujar pendiri aplikasi kencan So Syncd, Jessica Alderson.

Dia menambahkan bahwa emosi adalah cara tubuh memberitahu apa yang harus dilakukan, untuk mengobati rasa patah hati akibat ditolak.

“Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengabaikan emosi kita dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental,” tambahnya.

 

Jangan biarkan rasa ditolak menguasai diri

Jessica menambahkan bahwa perasaan cinta yang ditolak itu tidak berarti bahwa ada sesuatu yang salah dengan dirimu.

“Itu (penolakan) hanya berarti bahwa kamu tidak tepat untuk orang tertentu, pada saat itu,” katanya.

“Ada miliaran orang di dunia dan harga diri kamu tidak boleh bergantung pada pendapat satu orang. Orang yang tepat akan menghargaimu apa adanya,” tambahnya.

 

Ambil sebagai pelajaran

Penolakan penyataan cinta dapat diambil sebagai pelajaran hidup untuk maju. Oleh karena itu, Psikoterapis Hubungan, Heather Garbut, menyarankan untuk mengambil kesempatan dari penolakan cinta, untuk benar-benar mengevaluasi sehingga kelak bisa tumbuh dari pengalaman penolakan cinta itu.

“Misalnya, memilih pasangan yang lebih baik di masa depan, yang cocok dengan kamu, menghargai dan setara denganmu,” kata Heater.

 

Baik pada diri sendiri

Jika kamu pernah mengalami penolakan, kecil kemungkinan kamu akan merasa dalam kondisi yang baik-baik saja. Oleh karena itu, sangat penting untuk bersikap baik pada diri sendiri.

Selain itu, coba fokus pada hal atau kegiatan lain yang membantu dirimu lebih nyaman dan bisa membuatmu menerima diri sendiri.

“Jauhkan dirimu sebanyak mungkin dari penilaian yang orang katakan,” ucap Heather.[]

Advertisement
Advertisement