June 22, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Cuaca Panas Menyengat, Hong Kong CHP Ingatkan Serangan Heat Stroke

2 min read

HONG KONG – Hong Kong Centre for Health Protection (CHP) mengingatkan semua warga agar mewaspadai serangan heat stroke menyusul peringatan cuaca panas yang dikeluarkan Hong Kong Observatory beberapa hari belakangan.

Dalam keterangan pers yang dikeluarkan pagi hari ini (19/05/2021), CHP menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menyiapkan airr minum untuk meminimalkan dampak panas saat berada di luar ruangan.

Disamping itu, bagi warga yang melakukan aktiifitas berat di luar ruangan, dihimbau untuk menghindari minuman yang mengandung kafein, alkohol lantaran dapat menyebabkan kehilangan cairan.

“Orang gemuk, orang sakit, penderita jantung, tekanan darah tinggi serta rendah, serta lansia lebih rentan terserang heat stroke. ” terang sumber CHP.

Untuk mencegah terjadinya heat stroke, CHP menghimbau masyarakat untuk melakukan tindakan-tindakan sebagai berikut :

 

  1. Mengenakan pakaian longgar dan berwarna terang untuk mengurangi penyerapan panas.
  2. Menghindari olah raga berat, aktifitas pekerjaan berat diluar ruangan seperti hiking, trekking, untuk meminimalkan paparan langsung sumber sengatan.
  3. Melakukan aktifitas di luar ruangan pada sore atau pagi hari saja.
  4. Aktfitas didalam ruangan diminta untuk membuka jendela, menyalakan kipas angin atau AC agar sirkulasi udara berlangsung dengan bagus.
  5. Menjadwalkan ulang rencana aktifitas yang dilakukan di tengah hari ke waktu-waktu pagi atau sore atau waktu yang teduh.

 

Disamping itu, jika terpaaksa harus beraktifitas dibawah terik matahari langsung, Hong Kong Observatory sebelumnya telah mengeluarkan himbauan agar melakukan hal-hal berikut :

 

  1. Meminimalkan ppaparan langsung sinar matahari terhadap kulit dan mata.
  2. Mengenakan pakaian berlengan panjang dan longgar.
  3. Mengenakan topi lebar atau payung.
  4. Perbanyak berada di area teduh atau mengenakan kacamata anti UV.
  5. Menggunakan tabir surya sengan SPF 15 atau lebih.
  6. Gunakan pengusir nyamuk sebab ditengah siituasi panas mudah menularkan penyakit tertentu.

 

Jika mersakan gejala mual, pusing, sakit kepala, sesak nafas, atau gejala yang diakibatkan oleh hawa panas lainnya, warga dihimbau untuk segera menghubungi bantuan darurat secepatnya.

Informasi terkait dengan edukasi cuaca panas bisa diidapat dengan menghubungi hotline 2833 0111. []

Advertisement
Advertisement