November 28, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Cuddling dengan Pasangan, Dahsyat Sekali Manfaatnya untuk Kesehatan Fisik dan Mental

2 min read
Prime Banner

ApakabarOnline.com – Istilah cuddling akhir-akhir ini populer dikalangan masyarakat. Secara harfiah cuddling atau cuddle artinya berpelukan.

Berpelukan bisa dilakukan dengan pasangan, teman, dan buah hati tercinta. Cuddling ternyata sangat bermanfaat untuk Anda dan pasangan

Menurut Carla Marie Manly, PhD, seorang psikolog klinis melalui Wellandgood.com, saat kecil kita belajar jika berpelukan membuat kita merasa dicintai dan aman.

Dengan berpelukan kita merasa lebih dicintai oleh pasangan, bahkan tanpa ditunjukkan dengan kata-kata. Selain merasa dicintai, cuddling juga membuat kita merasa nyaman dan lebih sehat.

Ada macam-macam posisi cuddle yang bisa Anda coba bersama pasangan. Anda bisa melakukannya saat berbaring di kasur atau sedang duduk di sofa berdua.

Lalu apa saja manfaat dari cuddle atau berpelukan? Berikut 5 manfaat cuddling yang dihimpun dari Wellandgood.com dan Healthline.

 

Menguatkan hubungan dengan pasangan

Cuddle membantu memperkuat hubungan dengan pasangan terutama di awal hubungan. Saat Anda berpelukan, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin yang juga disebut cuddle hormon.

Hormon ini membantu Anda meningkatkan ikatan dengan orang terkasih. Semakin sering Anda cuddling dengan pasangan, semakin erat ikatan Anda.

 

Meningkatkan kepuasan seksual

Cuddling setelah berhubungan intim bisa meningkatkan kepuasan seksual Anda dan pasangan. Tentu hal ini bisa membuat kehidupan seksual Anda lebih baik.

Cara ini juga membuat hormon oksitosin tetap terjaga. Efeknya akan mempengaruhi ikatan Anda dan pasangan yang semakin erat.

 

Menurunkan tekanan darah

Melakukan cuddle dengan pasangan secara rutin bisa membantu kesehatan jantung. Berpelukan bisa membantu menurunkan tekanan pada darah.

Tekanan darah yang stabil bisa menjauhkan Anda dari banyak penyakit jantung. Salah satunya adalah tekanan darah tinggi yang bisa menyebabkan stroke.

 

Mengurangi stres dan rasa sakit

Saat berpelukan, usahakan Anda juga mengelus dan menepuk punggung pasangan. Gerakan sederhana ini bisa menurunkan kadar stres di diri seseorang. Rasa sakit juga bisa berkurang dengan berpelukan.

Serotonin dan dopamin terlepas saat Anda berpelukan dibarengi menepuk pelan tubuh. Dua neurotransmiter ini dipercaya dapat meningkatkan rasa bahagia dan nyaman.

 

Membantu menyalurkan emosi

Terkadang ada perasaan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Untuk menyampaikannya bisa dengan cara berpelukan.

Manfaat dari cuddle yang terakhir memungkinkan Anda mengungkapkan perasaan pada pasangan. Dengan sentuhan, emosi seperti cinta, bahagia, hingga sedih bisa tersalurkan. []

Sumber Kontan

Advertisement