August 8, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Daftar Sederet Penyakit dan Gejalanya yang Muncul Akibat Penggunaan Smartphone

3 min read

JAKARTA – Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, smartphone menjadi sebuah perangkat penting yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Saat ini, banyak HP keluaran terbaru murah yang punya spesifikasi dan fitur jempolan sehingga  sangat membantu kita untuk berbagai kepentingan dan Kebutuhan. Pada akhirnya akan menjadi prilaku mirip dengan Kecanduan haus akan Informasi dan akses yang cepat.

Seiring berjalannya waktu, hampir semua HP keluaran terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur canggih, mulai dari fingerprint, fast charging, face unlock, hingga yang anti air dan debu.

Kehadiran telepon seluler atau ponsel memberi banyak kemudahan pada manusia. Namun di sisi lain, ponsel juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan.

Penggunaan ponsel tanpa disadari sudah mengubah pola kehidupan kita. Kebiasaan menunduk melihat layar atau tidak bisa tidur jika belum mengecek pesan, hanya sedikit contoh dari banyak perubahan yang terjadi.

Perubahan ini bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Jadi, Anda perlu lebih bijak dalam menggunakan teknologi yang satu ini.

Meski dampak negatif hp untuk kesehatan memang nyata adanya, bukan berarti Anda harus menghentikan penggunaannya sama sekali. Biar bagaimanapun, teknologi ini sudah menjadi bagian dari hidup yang sulit untuk dipisahkan.

  1. Gangguan mata

Tulisan yang terlihat kecil yang terpampang di layar hp serta pancaran sinarnya yang terkadang terlalu terang, dalam jangka panjang bisa merusak mata. Sebab, kedua hal tersebut membuat kerja mata kita menjadi lebih berat dari yang seharusnya.

Bahkan, saat ini sudah ada nama khusus untuk kondisi mata yang berkaitan dengan penggunaan handphone atau gadget secara keseluruhan, yaitu digital eye strain.

Gejala dari kondisi tersebut antara lain adalah mata merah, mata kering, dan pandangan terlihat kabur. Untuk menghindarinya, sebaiknya jangan menatap layar hp terlalu lama. Berikan jarak untuk istirahat yang cukup sebelum Anda kembali menggunakannya.

  1. Meningkatkan risiko kanker otak

Smartphone atau Handphone  harus memancarkan Gelombang radiofrekuensi untuk koneksi ke jaringan penghubungnya seperti BTS pada jarak lebih dari 800 meter bahkan bisa lebih lagi ,  yang dipancarkan oleh telepon genggam, dianggap berpotensi untuk memicu kanker. Sebab, gelombang tersebut bisa diserap oleh jaringan di tubuh yang letaknya berdekatan dengan handphone saat digunakan.

Beberapa tahun lalu, lembaga penelitian kanker internasional telah memasukkan gelombang radiofrekuensi sebagai salah satu hal yang berpotensi karsinogenik. Artinya, gelombang tersebut berpotensi meningkatkan risiko kanker.

  1. Mengganggu kesehatan mental

Hubungan penggunaan hp dengan kesehatan mental, dipengaruhi besar oleh adanya media sosial. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang yang terlalu sering melihat unggahan kehidupan orang lain, umumnya merasa lebih tidak bahagia, depresi, dan merasa sendiri dibandingkan teman-temannya.

Hal ini berkaitan dengan kebiasaan membandingkan kehidupan diri sendiri dengan orang lain, yang sulit untuk dihindari saat kita membuka sosial media.

  1. Migrain

Menatap layar smartphone   terlalu lamaterbukti meningkatkan resiko migrain dan sakit kepala. Ini karena radiasi cahaya yang mengganggu sinyal di otak dan menyebabkan stres. Selain itu, penyebab migrain saat bermain smartphone juga karena posisi tubuh yang salah, mungkin saat Anda sendiri sering menatap layar smartphone dengan posisi menunduk yang memicu ketegangan otot. Posisi yang salah tersebut membuat migrain sehingga berdampak pada performa produktivitas tubuh seseorang.

5.Low battery anxiety

Penyakit lain yang ditimbulkan akibat kecanduan smartphone adalah low battery anxiety. Terlalu sering bermain smartphone juga dapat memicu munculnya rasa panik ketika tahu baterai handphone hampir habis. Hal ini bisa menyebabkan kecemasan yang tidak baik untuk mental seseorang. Sebab saat baterai smartphone hendak habis, akan selalu diburu untuk segera mungkin mencari tempat agar bisa tersambung charger.

6.Phantom vibration syndrome

Paling sering  kondisi kecemasan yang muncul saat mengira ponsel bergetar atau mengira ada telepon berdering, padahal sebenarnya tidak ada.Bahkan, sebuah penelitian menemukan bahwa saat seseorang melakukan aktivitas dibarengi dengan smartphone berdering menjadi lebih sulit berkonsentrasi, hingga meningkatkan kecemasan.

  1. Nomofobia

Nomofobia merupakan sindrom ketakutan jika tidak memegang handphone. Ini bisa terjadi saat ponsel ketinggalan. Kondisi ini menyebabkan seseorang merasa dibayangi notifikasi sehingga saat berjalan tidak membawa smartphone akan selalu memikirkan notifikasi.

 

Itulah beberapa sindrom atau penyakit baru yang ditimbulkan akibat kecanduan smartphone. Agar tidak terjadi sebaiknya atur porsi bermain smartphone harian Anda dan bisa mengatur waktu yang tidak terlalu lama terus menerus untuk kesehatan.

Anda hanya perlu untuk lebih bijak dalam menggunakan telepon genggam. Jangan terlalu lama berada di posisi yang sama saat menggunakannya. Selain itu, pastikan selalu jaga kebersihan tangan dan ponsel, untuk mengurangi risiko penularan penyakit.[]

Advertisement
Advertisement