December 6, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Segudang Manfaat Mengkonsumsi Bayam yang Jarang Diketahui

3 min read
-

ApakabarOnline.com – Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup populer, apalagi berkat tayangan animasi Popeye. Di mana sang tokoh utama, Popeye senang sekali memakan bayam. Bayam disebut-sebut sebagai makanan super, maka tak heran rasanya kalau Popeye senang memakan bayam.

Bayam tinggi nutrisi dan juga rendah kalori. Sayuran hijau seperti bayam sangat penting untuk kesehatan kulit, rambut, dan tulang. Bayam juga kaya akan protein, zat besi, vitamin, dan mineral.

Dari sekian banyak kandungan yang ada dalam sayuran bayam, tentu banyak pula manfaat yang bisa diperoleh ketika mengonsumsiya. Apa saja? Berikut rangkumannya dikutip dari berbagai sumber.

 

Mengontrol Gula Darah

Bayam mengandung antioksidan yang dikenal dengan nama asam alpha-lipoic. Antioksidan ini diketahui dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah oksidatif. Tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ibrahimpasic di 2013 juga menunjukkan, terjadi penurunan neuropati perifer dan otonom pada pasien diabetes berkat asam alpha-lipoic.

Meski begitu, kebanyakan penelitian menggunakan asam alpha-lipoic ini dilakukan dengan menggunakan saluran infus. Sehingga masih belum diketahui secara pasti apakah memiliki khasiat yang sama ketika mengonsumsi makanan mengandung asam alpha-lipoic seperti bayam.

 

Mencegah Kanker

Bayam dan sayuran hijau lainnya mengandung klorofil. Telah banyak penelitian, termasuk penelitian di 2013 yang diterbitkan dalam British Industrial Biological Research Association yang menunjukkan kalau klorofil memiliki manfaat untuk menghalau karsinogenik.

Karsinogenik sendiri merupakan salah satu zat penyebab terjadinya kanker. Zat ini bisa muncul ketika memanggang makanan dalam temperatur yang tinggi. Semisal, dari aktivitas memanggang daging merah. Sehingga banyak dokter yang menganjurkan untuk tidak memanggang daging merah hingga ada bagian yang kehitaman karena bisa mengandung karsinogenik.

 

Mencegah Asma

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh King Saud University Arab Saudi menemukan, anak-anak yang tidak mengalami asma cenderung mengonsumsi makanan kaya beta karoten. Beta karoten merupakan salah satu nutrisi yang terkandung dalam bayam. Ketika masuk ke dalam tubuh, beta karoten diubah menjadi vitamin A atau retinol.

Vitamin A ini terbukti dibutuhkan oleh tubuh untuk kesehatan kulit, jaringan , sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan mata dan penglihatan. Penelitian lainnya yang dirilis oleh British Medical Journal di 2006 menunjukkan, mereka yang memiliki kadar beta karoten tinggi memiliki paru-paru yang bagus karena terbebas dari radikal bebas.

 

Bagus untuk Kesehatan Tulang

Mengonsumsi sedikit vitamin K berkaitan dengan tingginya risiko patah tulang. Itu karena vitamin K dapat meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang dan meminimalisir jumlah kalsium yang meninggalkan tubuh melalui urin. Sehingga perlu mengonsumsi makanan kaya vitamin K seperti bayam.

 

Membantu Pencernaan

Karena warnanya yang hijau, bayam menjadi salah satu sayuran yang tinggi serat dan air. Serat diketahui bisa membantu mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit sehingga dapat melancarkan pencernaan. Saluran pencernaan yang baik juga bisa mengurangi risiko terjadinya mengejan berlebihan ketika buang air besar yang berisiko terjadinya wasir atau ambeien.

 

Kesehatan Kulit dan Rambut

Berkat kaya vitamin A, bayam dapat membantu mengatasi produksi minyak berlebih pada pori-pori kulit dan folikel rambut sehingga kelembaban kulit dan rambut bisa terjaga. Sementara minyak berlebih dapat menyebabkan jerawat pada permukaan kulit.

Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin C yang ada pada sayuran hijau seperti bayam juga bermanfaat untuk membangun dan mengatur kolagen, yang mana bertugas untuk membangun struktur kulit dan rambut. Kekurangan zat besi juga menjadi salah satu penyebab terjadinya rambut rontok dan hal itu bisa dicegah dengan mengonsumsi bayam yang kaya akan zat besi.

Itulah segudang manfaat dari konsumsi bayam. Imbangi konsumsi bayam dengan makanan lainnya agar bisa memperoleh manfaat kesehatan yang lebih baik lagi. []

Advertisement
Advertisement