June 23, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Dampak Buruk Kurang Minum Air Putih

3 min read

JAKARTA – Memenuhi cairan tubuh melalui mengkonsumsi air putih setiap hari menjadi hal penting dilakukan. Sebab kalau kurang minum, akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, air putih merupakan zat cair yang terdiri dari molekul hidrogen dan oksigen dan merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh. Air putih pun baik untuk proses detoksifikasi atau pelepasan racun dalam tubuh sehingga air putih dipercaya menjadi antioksidan.

Fungsi utama air putih adalah sebagai pelepas haus dan pencegah dehidrasi. Dalam sehari, air putih yang wajib dikonsumsi adalah minimal delapan gelas.

Lantas, apa saja dampak buruk yang akan dialami bagi kesehatan tubuh jika kekurangan minum?

Melansir kemkes.go.id, berikut beberapa dampak negatif kekurangan air putih bagi tubuh manusia:

 

  1. Tekanan darah menurun

Saat tubuh kurang minum air putih atau cairan lain, seseorang bisa mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat volume plasma darah yang mengandung protein menurun. Dampaknya, tekanan darah orang yang kurang minum air putih juga bisa ikut turun.

 

  1. Sistem imun melemah

Ketika tidur, tubuh kita memperbaiki diri, sehingga sistem imun kita bekerja keras. Agar sistem imun kita tetap kuat dan enggak gampang melemah, kita harus memberinya energi dengan cara minum air putih.

 

  1. Kram otot

Akibat kurang minum air putih terutama setelah olahraga atau melakukan aktivitas fisik adalah kram otot. Berkeringat bisa menyebabkan penurunan volume plasma darah dan kadar elektrolit seperti natrium dan kalium. Apabila tidak diimbangi dengan minum air putih atau cairan lainnya, seseorang rentan terkena kram otot.

 

  1. Sulit fokus

Otak kita terdiri dari 73% air, sehingga tentunya butuh asupan air yang cukup untuk membuat kita tetap bisa fokus, terutama di pagi hari. Jika kita di pagi hari sudah bisa fokus, tentu kita akan lebih mudah menjalani hari di sepanjang harinya.

 

  1. Sembelit

Akibat kurang minum air putih bisa berimbas pada gangguan pencernaan. Pasalnya, air putih membantu kelancaran sistem pendernaan. Kurang minum air putih bisa atau cairan lain menghambat kelancaran proses tersebut. Salah satu dampaknya adalah sembelit atau susah buang air besar (BAB).

 

  1. Memicu bad mood

Belakangan ini selalu bad mood saat bangun tidur percaya atau tidak, minum air putih di pagi hari ternyata juga bisa membuat mood kita lebih bahagia.

 

  1. Kurang bertenaga

Dilansir dari Eating Well, akibat kurang minum juga bisa berimbas pada merosotnya tingkat energi. Dampaknya, tubuh jadi kurang bertenaga dan lemas sepanjang hari. Kondisi ini bisa dipengaruhi keseimbangan cairan di dalam tubuh terganggu.

 

  1. Menyebabkan kulit tampak kusam dan bermasalah

Sudah tahu betapa pentingnya air putih untuk kulit kita tanpa air putih, kulit tidak bisa menghilangkan racun yang bisa membuatnya jadi tampak lebih kusam dan berjerawat.

 

9.Murung dan sedih

Dehidrasi juga bisa berdampak pada kesehatan mental, salah satunya membuat suasana hati memburuk. Tak pelak, orang yang kurang minum air putih dan cairan lainnya jadi mudah murung, sedih, mudah tersinggung, dan rewel.

 

  1. Mual dan muntah

Saat suhu meningkat atau sedang melakukan aktivitas fisik, tubuh manusia secara alami menghilangkan panas di tubuh dengan berkeringat. Apabila pengeluaran cairan tersebut tidak diimbangi dengan asupan cairan pengganti, kenaikan suhu tubuh menyebabkan mual dan muntah.

 

  1. Penyakit batu ginjal dan infeksi saluran kencing

Kurang minum air putih dan cairan lainnya juga dapat meningkatkan risiko penyakit batu ginjal dan infeksi saluran kencing. Saat kekurangan cairan, tubuh lebih sulit menghilangkan bakteri biang infeksi saluran kencing. Tak hanya itu, mineral pembentuk batu yang biasanya bisa hilang dengan minum air putih juga bisa mengendap di ginjal.

 

  1. Susah berpikir dan sakit kepala

Otak manusia sekitar 80 persen terdiri atas air. Agar kinerja otak bisa optimal, organ vital ini memerlukan asupan air. Akibat kurang minum air putih dan cairan lainnya bisa menyebabkan kinerja otak jadi tidak optimal. Salah satu imbasnya, otak jadi tidak fokus, susah berpikir, mengantuk, susah mengingat sesuatu, sampai sakit kepala.

Nah, itulah beberapa bahaya atau dampak buruk kurang minum bagi kesehatan. Semoga bermanfaat. []

Advertisement
Advertisement