April 22, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Dampak Tidak Makan Malam Bagi Tubuh

3 min read

JAKARTA – Dalam sehari setidaknya seseorang makan tiga kali, salah satunya pada malam hari. Namun ternyata dengan tidak makan pada malam hari ada manfaat yang bisa kita diperoleh.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, kebiasaan makan di malam hari diketahui berkaitan dengan pola makan yang tidak sehat.

Kebanyakan orang akan memilih camilan yang berkalori tinggi dan rendah nutrisi, seperti keripik kentang dan kue kering, setelah makan malam atau saat tidak bisa tidur.

Ini tentu bukan hal yang baik, karena konsumsi makanan berkalori tinggi secara berlebih dalam jangka panjang dapat membuat berat badan naik.

Untuk menghindarinya, aturan diet tidak makan malam bisa jadi pilihan yang efektif. Ternyata tidak makan malam manfaatnya tidak hanya itu, tapi ada juga manfaat lainnya.

Melansir manfaat.co.id, berikut beberapa manfaat tidak makan pada malam hari:

 

  1. Menurunkan Berat Badan

Memakan makanan berat pada malam hari, maupun makan cemilan dapat berakibat buruk bagi berat badan Anda.

Makan makanan berat maupun cemilan pada malam hari dapat meningkatkan berat badan dengan cepat. Sedangkan menghindari makan pada malam hari dapat mencegah terjadinya obesitas atau kelebihan berat badan.

Hal tersebut disebabkan karena dengan menghindari makan pada malam hari dapat mencegah kalori masuk ke dalam tubuh.

Makanan yang masuk dalam tubuh memiliki kandungan kalori yang diperlukan untuk  beraktivitas. Sedangkan makan pada malam hari akan menyebabkan kalori yang masuk dalam tubuh tidak berguna karena pada malam hari tidak melakukan aktivitas pembakaran kalori.

Dengan menghindari makan malam, Anda dapat terhindar dari penumpukan kalori yang tidak digunakan untuk beraktivitas pada malam hari. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari masalah obesitas atau kelebihan berat badan.

 

  1. Mengurangi Risiko Terkena Serangan Jantung

Menghindari makan pada malam hari akan mencegah terjadinya penumpukan lemak yang menyumbat pembuluh darah.

Dengan menghindari makan malam, maka aliran darah akan menjadi lebih lancar karena tidak ada penumpukan lemak yang terjadi pada pembuluh darah.

Hal ini dapat memberikan efek yang baik pada kesehatan jantung. Lancarnya aliran darah tersebut dapat menyehatkan jantung agar terhindar dari serangan jantung.

 

  1. Menyeimbangkan Aktivitas Tubuh

Menghindari makan pada malam hari dapat membantu tidur Anda menjadi lebih nyaman. Ketika perut penuh dengan makanan, kemudian Anda tidur, maka perut akan mencerna atau beraktivitas selama Anda tidur.

Hal ini dapat mengganggu pola tidur dan juga akan merasakan badan yang kurang enak ketika bangun tidur.

Selain itu, makan pada malam hari terlebih sebelum tidur, dapat menyebabkan Anda sulit bangun.

Dengan menghindari makan pada saat akan tidur atau pada malam hari, tidur akan lebih nyenyak dan badan menjadi lebih bugar dan sehat ketika bangun tidur.

 

  1. Mencegah Naiknya Asam Lambung

Tidak hanya dapat mengganggu aktivitas dan kenyamanan pada saat tidur. Makan pada malam hari terlebih menjelang tidur malam juga dapat menyebabkan naiknya asam lambung sampai pada ulu hati.

Setelah menelan makanan sampai ke lambung, asam lambung akan keluar dan bekerja. Namun ketika Anda berbaring, asam lambung dapat naik sampai pada kerongkongan. Naiknya asam lambung ini lama kelamaan tidak baik untuk kesehatan hati, karena hati dapat terbakar karenanya.

Menghindari makan pada malam hari tentunya akan mencegah asam lambung ini naik sampai pada kerongkongan  dan tidak mengganggu kesehatan hati.

Jika alasan untuk tetap makan pada malam hari karena sering merasakan lapar pada saat malam hari, Anda sebaiknya mengganti jadwal makan siang Anda menjadi lebih awal atau tepat waktu. Sehingga, pada sore hari Anda sudah merasakan lapar dan makan pada sore hari bukan malam hari.

Menjaga pola makan sangatlah penting karena akan berpengaruh pula pada kesehatan tubuh.

Selain pola makan dari segi waktu, yang perlu diperhatikan juga adalah makanan yang dikonsumsi. Jangan sampai mengkonsumsi makanan yang dapat menjadi sumber penyakit.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa kita peroleh jika tidak makan pada malam hari.  []

Advertisement
Advertisement