June 13, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Dari 9.151 PMI Asal Jatim Yang Mudik, Sebagian Membawa Virus Corona Varian Inggris dan Afrika

2 min read

Sampai Kini, 9.151 Pekerja Miggran Asal Jatim Sudah Mudik,

Dari 9.151 PMI Asal Jatim Yang Mudik, Sebagian Membawa Virus Corona Varian Inggris dan Afrika

SURABAYA – Sampai dengan hari ini, 9.151 pekerja migran Indonesia dari mancanegara telah kembali ke Jawa Timur dalam kurun 28 April-16 Mei 2021. Dari jumlah itu, 72 di antaranya positif Covid-19 dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Lapangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan 2 Surabaya.

Sebagian dari mereka, terdeteksi membawa virus corona varian Inggris dan Afrika.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, dua mutasi tersebut ditemukan dari dua orang pekerja migran Indonesia yang bekerja di Malaysia.

“Karena kami memonitor setiap mutasi baru setiap minggunya. Minggu lalu dua lagi mutasi baru, dua-duanya terjadi di Jawa Timur, dua-duanya pekerja migran Indonesia yang bekerja di Malaysia. Mereka membawa satu mutasi dari Afrika satu mutasi dari London,” kata Budi usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Senin (17/5).

Dia mengatakan, penularan dari varian tersebut lebih tinggi. Sebab itu, dia mengimbau agar seluruh masyarakat menerapkan protokol kesehatan secara ketat, yaitu mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Penularan dari varian ini lebih tinggi. Oleh karena itu yang harus kita lakukan sebagai rakyat biasa yaitu pastikan protokol kesehatan,” bebernya.

Tidak hanya itu dia juga mengingatkan agar kepala daerah, hingga lurah untuk tetap melaksanakan PPKM mikro serta terus melakukan testing dan tracing.

“Karena memang mutasi virus baru itu sudah masuk ke Indonesia,” ungkapnya.

Dari 9.151 pekerja migran Indonesia tersebut, yang terbanyak datang dari Malaysia, yakni 5.370 orang. Selanjutnya dari Singapura 2.798 orang, Hong Kong 697 orang, Brunei Darussalam 274 orang, dan kru kapal 12 orang. []

Advertisement
Advertisement