October 17, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Dari Gelombang Kedatangan PMI pada 17 dan 18 Juni Ditemukan 35 PMI Positif Corona

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

SURABAYA – Fakta mengejutkan muncul dari proses karantina Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang menjalani proses karantina di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Dari data yang diterima JNR dari Tim Trenggana Satpol PP Jatim, total ada 35 PMI yang dinyatakan positif Covid-19 usai tiba dari luar negeri.

“Dari data kedatangan PMI tanggal 17 dan 18 Juni 2021, berdasarkan laporan KKP ada 35 PMI yang dinyatakan positif Covid-19. Tadi malam (Jumat, 18 Juni 2021) kami lakukan evakuasi,” kata Ketua Tim Trenggana Satpol PP Jatim, M. Solihin pada Sabtu (19/06/2021).

Dari laporan KKP tersebut, Tim Trenggana pun langsung membantu proses evakuasi PMI yang positif. Namun kendala muncul karena RS rujukan unruk pasien positif Covid-19 penuh.

“Kami koordinasi untuk rujukan di RS Lapangan Indrapura dan Gedung Zam-zam Asrama Haji semuanya penuh. Setelah koordinasi bersama KKP, rwsepsionis Asrama Haji, Pemkot Surabaya, dan BPBD Jatim, maka langsung dievakuasi ke Ruangan Hall E Asrama Haji,” ungkap Solihin.

Lalu, BPBD Jatim pun menindaklanjuti kasus positif PMI terbanyak sejak kedatangan tanggal 28 April 2021 lalu. Upaya dari BPBD Jatim yakni dengan melakukan penyemprotan disinfektan pada kamar yang sebelumnya digunakan PMI yang positif Covid-19.

“Untuk evakuasi semuanya berjalan lancar. Dari 35 PMI yang dievakuasi, ada tiga orang yang masih dalam pencarian karena tidak berada di kamarnya. Alhamdulillah semua berjalan lancar dan semuanya selesai sekitar pukul 00.45 WIB,” pungkasnya. []

Kominfo Prov Jatim

Advertisement
Advertisement