August 3, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kini, Menggunakan Masker Kain Tidak Lagi Dianjurkan, Begini Alasannya

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

JAKARTA – Penggunan masker untuk mencegah paparan penularan virus, telah dilakukan sejak kali pertama pandemi corona menyeruak pada awal tahun 2020 lalu. Meski sempat menjadi kontroversi diawal pandemi, penggunaan masker kain pada saat itu akhirnya disepakati banyak pengambil kebijakan, dianjurkan.

Namun, para ahli kini sepakat bahwa masker kain tak lagi dianjurkan. Kini diwajibkan memakai masker bedah.

“Masker kain sudah tidak dianjurkan, lagipula masker bedah sudah banyak tersedia dan harganya terjangkau. Gunakan hanya masker berkualitas,” kata vaksinolog dan spesialis penyakit dalam dr Dirga Sakti Rambe, dalam webinar, dikutip dari Antara, Jumat (18/06/2021).

Walau kemarin-kemarin penggunaan masker kain tiga lapis masih diperbolehkan, terkini masker kain tersebut tak lagi dianjurkan. Pasalnya masker kain kini dinilai tak efektif menangkal virus masuk ke dalam tubuh.

Walau begitu, kamu masih tetap boleh menggunakan masker kain hanya saja harus dilapisi dengan masker bedah agar bisa lebih terlindungi.

Jika dipikir kembali, ada benarnya juga. Pasalnya masker bedah sekarang sudah mulai terjangkau harganya. Selain murah, masker bedah sangat efektif menangkal virus ketimbang masker kain. []

Advertisement
Advertisement