March 1, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Deretaan Makanan yang Cepat Pulihkan Energi Setelah Puasa

2 min read

JAKARTA – Berbuka setelah berpuasa sekitar kurang lebih 13 jam menjadi momen yang ditunggu. Ada beberapa makanan yang perlu Anda perhatikan, seperti asupan makanan dan minuman agar energi Anda cepat pulih kembali.

Berikut jenis-jenis makanan yang dapat mengembalikan stamina Anda setelah berpuasa, dikutip dari Klikdokter.com dan Tempo.co:

 

  1. Kurma

Kurma kaya akan serat dan potasium yang baik untuk tubuh sehabis berpuasa. Buah ini juga mengandung kadar gula yang tinggi sehingga bisa segera menaikkan kadar glukosa dalam darah. Namun, kurma tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak karena kadar gulanya yang tinggi.

 

  1. Nasi merah atau roti gandum

Nasi merah memang agak hambar jika dikonsumsi. Namun, nasi merah kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral untuk proses pembentukan energi tubuh lebih baik. Kemudian, kadar gula darah Anda selama puasa terjamin stabil karena nasi ini mengandung karbohidrat kompleks yang aman bagi tubuh. Rasa kenyang saat puasa pun akan Anda rasakan selama belasan jam dengan porsi sahur nasi merah yang aman bagi tubuh.

 

  1. Daging, ayam, ikan, telur

Sumber protein penting dikonsumsi saat berbuka untuk mengembalikan energi setelah berpuasa seharian. Anda dapat menyantap ayam, ikan, daging, dan telur untuk berbuka. Sebaiknya, makanan ini diolah dengan cara yang lebih sehat seperti direbus atau dipanggang.

 

  1. Kacang almond

Almond kaya akan protein dan lemak. Kedua kandungan inilah yang membantu tubuh berstamina tinggi saat puasa selama belasan jam. Selain itu, kacang almond mengandung antioksidan plus vitamin E untuk mencegah penuaan dan tumbuhnya sel kanker. Kemudian, kaya magnesium sehingga dapat mengontrol gula darah saat puasa bulan Ramadan.

 

  1. Pisang

Pisang sudah jelas sebagai sumber dari karbohidrat kompleks, vitamin B6, dan kalium. Kandungan tersebut kemudian diubah tubuh untuk menghasilkan stamina yang kuat memenuhi kebutuhan aktivitas Anda. Kandungan serat juga menjadikan Anda akan tahan lapar saat puasa. []

Advertisement
Advertisement