July 21, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Deretan Buah dengan Kadar Gula Tinggi

2 min read

JAKARTA – Buah memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Buah adalah salah satu sumber nutrisi alami yang baik untuk kesehatan. Dari buah, kita bisa mendapatkan berbagai manfaat nutrisi, termasuk glukosa atau gula.

Beberapa manfaat mengonsumsi buah yaitu menjaga kesehatan jantung, mencegah penyakit kanker, hingga menurunkan tekanan darah tinggi.

Berikut 10 buah dengan kandungan gula terbanyak dikutip dari Kompas.com dan grid.id:

 

  1. Mangga

Mangga memiliki serat, nutrisi, dan gula alami. Satu buah mangga mengandung 46 gram gula. Karena itu, bukan pilihan terbaik jika Anda ingin menjaga berat badan atau membatasi konsumsi gula harian.

 

  1. Pisang

Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 14 gram gula. Jika itu tampak lebih dari yang Anda duga, potong setengahnya menjadi sereal pagi.

 

  1. Stroberi

Secangkir stroberi utuh hanya memiliki 7 gram. Tambahkan mereka ke salad untuk mendapatkan warna cerah dan sentuhan musim panas.

 

  1. Ceri

Dalam buah ceri ini mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin B, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium, dan serat yang tinggi. Selain itu, buah yang satu ini juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu mencegah berbagai penyakit kronis. Buah ini mengandung sekitar 18 gram gula dalam satu cangkir ceri.

 

  1. Pir

Buah pir juga memiliki kandungan gula yang tinggi di dalamnya. Buah pir ukuran sedang memiliki kandungan gula setidaknya 17 gram di dalamnya. Pada buah pir, kamu bisa memotongnya menjadi dua dan mengonsumsi sisanya nanti.

 

  1. Pepaya

Setengah dari ukuran kecil pepaya mengandung 6 gram gula. Anda bisa mencampurkan perasan jeruk nipis dan garam atau sesendok yogurt untuk suguhan lezat.

 

  1. Jambu biji

Masing-masing jambu biji memiliki 5 gram gula dan sekitar 3 gram serat. Ini lebih banyak dari kandungan gula dari seporsi nasi merah atau sepotong roti gandum. Anda akan mendapatkan lebih banyak serat jika menambahkan jambu biji dengan kulitnya. []

Advertisement
Advertisement