August 1, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Deretan Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Kista Ovarium pada Rahim Wanita

2 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

ApakabarOnline.com – Mengonsumsi makanan penyebab kista, mampu mempercepat pertumbuhan dan perkembangan kista. Pasalnya, makanan yang menyebabkan kista dapat memicu ketidakseimbangan hormonal. Masalah hormonal inilah yang menjadi penyebab membesarnya kista, yang semula berukuran normal.

Mengenal Kista Ovarium

Mengutip Alodokter, kista ovarium adalah kantong berisi cairan yang tumbuh pada indung telur (ovarium) wanita. Kista ini biasanya muncul selama masa subur atau selama wanita mengalami menstruasi.

Tiap wanita memiliki dua indung telur (ovarium), satu di bagian kanan dan satu lagi di sebelah kiri rahim. Ovarium yang berukuran sebesar biji kenari ini merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita.

Ovarium berfungsi menghasilkan sel telur tiap bulan (mulai dari masa pubertas hingga menopause), serta memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Fungsi ovarium terkadang dapat terganggu, kista termasuk jenis gangguan yang sering terjadi.

 

Gejala Kista Ovarium

Sebagian besar kista ovarium berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala. Kista ini biasanya  akan hilang sendiri tanpa pengobatan. Kista baru menimbulkan masalah jika tidak kunjung menghilang atau justru makin membesar.

Dalam kondisi seperti ini, penderita dapat merasakan nyeri panggul atau perut kembung. Kondisi serius dapat terjadi saat kista pecah atau jaringan ovarium terpelintir sehingga memerlukan penanganan secepatnya. Pada kasus tertentu, kista ovarium juga bisa memengaruhi kesuburan wanita.

 

Makanan Penyebab Kista

Berikut ini Indozone bagikan makanan penyebab kista ovarium di rahim yang sebaiknya dihindari agar tidak memicu kista membesar.

 

  1. Kafein

Penyebab terjadinya kista pada wanita yang pertama karena mengonsumsi kafein secara berlebihan. Kafein yang terdapat pada kopi, teh, soda, cokelat, dan minuman berenergi dapat mengganggu produksi hormon estrogen. Bila hormon estrogen tidak stabil, maka dapat merangsang pembentukan kista.

 

  1. Makanan Cepat Saji

Penyebab penyakit kista salah satunya adalah makanan cepat saji atau fast food. Makanan cepat saji sangat minim nutrisi, namun tinggi lemak jenuh, pengawet, pewarna makanan, dan penyedap sintetis (MSG). Hal tersebut yang mampu memicu aktivitas sel yang tidak normal, sehingga membentuk kista.

 

  1. Alkohol

Alkohol merupakan penyebab kista ovarium yang sering tak disadari. Sama seperti kafein, mengonsumsi alkohol berdampak negatif pada hormon estrogen. Ketidakstabilan hormon estrogen inilah yang memicu terbentuknya kista.

 

  1. Makanan Manis

Makanan manis seperti permen, cake, kue kering, manisan, dan minuman kemasan mengandung banyak pemanis buatan. Kandungan gula yang tinggi menyebabkan lonjakan gula darah, sehingga menggangu kestabilan hormon. Hormon yang tidak stabil dapat mempercepat pembentukan dan pertumbuhan kista.

 

  1. Daging

Daging sapi, babi, dan domba termasuk makanan yang menyebabkan kista. Kandungan lemak yang tinggi pada daging, mampu meningkatkan kadar kolesterol. Bila kolesterol berlebihan di dalam tubuh, maka sel abnormal penyebab kista berkembang cepat.

 

  1. Seafood

Makanan laut atau seafood juga menjadi makanan penyebab membesarnya kista. Sebab, makanan laut seperti udang, cumi-cumi, kepiting, dan lobster mengandung kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi mengakibatkan kista berkembang dengan sangat cepat.

 

  1. Makanan Tepung

Makanan yang terbuat dari tepung contohnya roti, pasta, mi, biskuit, sereal, mengandung karbohidrat olahan. Yakni jenis karbohidrat yang berasal dari hasil olahan biji-bijian gandum. Makanan bertepung tinggi akan kalori dan bisa menyebabkan obesitas, yang menjadi penyebab kista di rahim.

Itulah makanan penyebab kista yang bisa mempercepat pembentukan kista di rahim. Sebaiknya, batasi asupan makanan tersebut ya!

Advertisement
Advertisement