September 18, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Hidup Minimalis (Sederhana) itu Mudah

2 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

ApakabarOnline.com – Hidup minimalis itu bukan berarti hidup dalam keadaan serba pas-pasan. Hidup minimalis itu lebih seperti hidup yang simpel dan mudah untuk dijalani.

Jadi bukan berarti enggak belanja sama sekali. Kita tetap belanja, kita bisa punya barang-barang baru, kita juga bisa beli barang mahal, tapi semua harus dengan strategi yang tepat.

Nah, bagaimana strategi belanjanya? Simak berikut ini sebagaimana dikutip dari Smartmoney.

 

  1. Pola Pikir

Hidup minimalis bukan hidup sengsara, pas-pasan, atau enggak punya apa-apa. Tapi memilih untuk fokus pada hal yang penting dalam hidup. Jadi saat belanja kita harus berpikir apakah barang ini penting banget kita miliki; atau apakah barang ini bisa memberi nilai lebih untuk hidup kita.

 

  1. Seimbang

Ada yang datang, maka harus ada yang pergi. Jadi misalnya kamu beli baju baru 1, maka berikan ke orang lain 1 baju lamamu. Beli 1 sepatu baru, berikan 1 sepatu lama. Atau kamu juga bisa menjual barang branded-mu di situs preloved (barang bekas) atau marketplace.

 

  1. Jangan Terburu-buru

Aturan ini berlaku saat kami ingin beli barang yang mahal. Jangan terlalu semangat apalagi terburu-buru saat lihat barang. Misalnya sepatu, harganya mahal, tapi kamu masih punya sepatu di rumah yang kalau diberikan ke orang lain masih terlalu sayang. Biarkan kamu berpikir. Siapa tahu tidak lama lagi barang incaranmu didiskon.

 

  1. Utamakan Kualitas

Pastikan saat beli barang punya kualitasnya bagus. Jadi bisa tahan lama. Misalnya baju, pastikan kualitas enak dipakai, tahan lama, meski harganya mahal. Daripada beli barang diskonan tapi baru sekali dua kali pakai warnanya sudah luntur dan rusak? Kan jadi harus beli lagi deh.

 

  1. Jangan Menumpuk Barang

Hidup minimalis tidak mengenal menumpuk barang. Misalnya belanja persediaan makanan. Beli banyak berarti kamu butuh tempat untuk menyimpannya. Jika salah simpan, bukan tidak mungkin bahan tersebut rusak atau basi dan membuatmu harus belanja lagi. Belilah persediaan yang memang sudah mau habis. Dilarang keras panic buying!

Jangan lupa, gunakan metode pembayaran nontunai karena menghindari kamu dari menumpuk uang kembalian yang sulit digunakan, memungkinkan dapat promo, dan banyak keuntungan lainnya. []

Sumber Smart Money

Advertisement
Advertisement