August 8, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Di Negara-Negara Penempatan Berikut Ini, Banyak PMI Meninggal Dunia

2 min read

JAKARTA – Pekerja migran Indonesia (PMI) merupakan warga negara Indonesia yang melakukan pekerjaan di berbagai negara. Pekerjaan tersebut terdiri dari beragam bidang, seperti industri permesinan, pekerja rumah tangga (PRT), industri perhotelan, restoran, spa, dan lain sebagainya.

Pekerja migran Indonesia diperbolehkan bekerja di beberapa negara yang sudah bekerja sama dengan pemerintahan Indonesia, seperti Arab Saudi, Malaysia, Nigeria, Korea Selatan, Singapura, Hong Kong, dan lain sebagainya.

Dalam proses pekerjaan tersebut, tidak jarang terjadi konflik antara para pekerja dengan pemberi kerja di negara-negara tersebut. Konflik ini bahkan sampai menyebabkan kematian. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini negara di mana pekerja migran Indonesia paling banyak meninggal dunia dilansir beragam sumber, Senin (11/07/2022).

  1. Malaysia

Malaysia merupakan salah satu negara yang paling banyak pekerja migran Indonesia meninggal dunia. Tercatat sejak tahun 2012 sampai 2018, sebanyak 462 pekerja migran Indonesia meninggal di Malaysia. Bahkan, Kepala Dinas Koperasi Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Sylvia R. Pekujawang menyampaikan, dalam kurun waktu 2013-2019, sebanyak 420 pekerja migran yang berasal dari NTT meninggal di Malaysia. Para pekerja ini kebanyakan tidak mempunyai dokumen yang legal, sehingga mereka tidak mengikuti prosedur dan tidak memiliki keterampilan yang memadai.

 

  1. Arab Saudi

Pekerja Migran Indonesia yang meninggal di Arab Saudi dalam kurun waktu 2012-2018 tercatat sebanyak 224 orang. Hal ini dikarenakan Arab Saudi masih menerapkan budaya pekerja rumah tangga (PRT) merupakan milik majikan. Tak jarang PRT masih dianggap sebagai budak. Mekanisme untuk mendapatkan PRT menggunakan sistem agensi. Majikan di Arab Saudi membayar seluruh biaya perekrutan calon pekerja migran kepada agensi. Oleh karena itu, mereka menganggap PRT sebagai miliknya.

 

  1. Taiwan

Taiwan merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan paling banyak dipilih oleh TKI. Tercatat jumlah pekerja migran Indonesia yang meninggal sebanyak 36 orang pada tahun 2017. Kemudian pada tahun 2018 tercatat ada 30 orang dan tahun 2019 tercatat 15 orang pekerja migran Indonesia yang meninggal di Taiwan. Penyebab kematian tidak memperlihatkan apakah kasus kematian itu diakibatkan oleh kekerasan.

 

  1. Korea Selatan

Pekerja migran Indonesia yang meninggal di Korea Selatan tercatat sebanyak 16 orang pada tahun 2017. Tahun 2018 hingga 2019 mengalami penurunan, menjadi 17 orang pekerja migran Indonesia yang meninggal. Semua sektor di Korea Selatan yang berbadan hukum menerima pekerja migran Indonesia. Penempatannya dilakukan oleh Badan Perlindungan PMI Pekerja (G to G), penempatan oleh Perusahaan Penempatan PMI (P to P), dan PMI perseorangan. []

Sumber Oke Zone

 

Advertisement
Advertisement