July 20, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Didominasi Pecahan HKD 1.000 dan HKD 500, Lebih dari Tujuh Ribu Lembar Upal Hong Kong Dolar Disita Aparat, Peredaran Upal di Hong kong Membuat Ketar Ketir

1 min read
Uang kertas palsu dalam beberapa pecahan Hong Kong Dolar (Foto HK01)

Uang kertas palsu dalam beberapa pecahan Hong Kong Dolar (Foto HK01)

HONG KONG – Sejak Januari hingga Maret 2024, aparat Kepolisian Hong Kong mengumumkan, telah menyita sebanyak 7.803  lembar uang palsu dalam beberapa pecahan Hong Kong Dolar.

Angka tersebut cukup membuat ketar ketir, pasalnya, temuan awal 2024 ini jumlahnya mengejar jumlah temuan tahun sebelumnya. Temuan upal mata uang Hong Kong Dolar sepanjang tahun 2023 dirilis sebanyak 10.191 lembar.

Mengantisipasi hal tersebut, Hong Kong Monetary Authority (HKMA) menyatakan, akan melakukan upgrade sistem pengamanan untuk menjaga dan mencegah produksi serta peredaran uang palsu.

HKMA menyebut, akan memasang teknologi chip dan nano dalam setuap lembar uang Hong Kong Dolar untuk membedakan mana uang asli dan mana uang palsu.

Sementara itu, sumber dari kejaksaan Hong Kong menyebutkan, 70% terungkapnya uang palsu didapat aparat dari aksi penggerebekan kejahatan. Sedangkan sisanya didapat dari retail-retail dan petugas Bank.

Berkaitan dengan hal tersebut, masyarakat diminta untuk lebih waspada terhadap peredaran uang palsu. Jika merasa uang yang dipegang diragukan keasliannya, masyarakat diminta untuk segera memastikan autentifikasi keaslian uang tersebut ke beberapa tempat, mulai dari bank, hingga ke kepolisian.

Jika masyarakat mendapatkan uang palsu, hiharapkan peran aktifnya untuk segera melaporkan kepada petugas. []

Advertisement
Advertisement