July 20, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Pergi Menjadi Pekerja Migran, Pulang Menjadi Juragan

2 min read

JAKARTA – Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) di Lampung terus memainkan peran penting dalam mendukung pekerja migran untuk mencapai kesejahteraan dan perlindungan yang layak. Dengan fokus pada pelayanan dan pengawasan yang berkualitas, BP2MI Lampung memberikan dukungan yang penting bagi pekerja migran dan keluarga mereka.

BP2MI Lampung, sebagai salah satu cabang BP2MI di Indonesia, bertugas untuk memberikan pelayanan penempatan, perlindungan, serta pemulangan bagi pekerja migran asal Lampung. Dengan kantor pusatnya yang berlokasi di Bandar Lampung, BP2MI Lampung memiliki jangkauan yang luas untuk memberikan layanan kepada pekerja migran di berbagai daerah di Lampung.

Salah satu fokus utama BP2MI Lampung adalah memfasilitasi pemulangan dan reintegrasi pekerja migran yang kembali ke tanah air. Dengan memberikan bantuan dan dukungan untuk mengatasi tantangan yang mereka hadapi setelah pulang, BP2MI Lampung berperan dalam memastikan bahwa pekerja migran dapat mengembangkan potensi mereka di tanah air.

Maka, ajakan “Pergi Migran Pulang Juragan” harus terinternalisasi bagi seluruh Calon Pekerja Migran, Pekerja Migran dan keluarga Pekerja Migran,” ujar Gimbar Ombai Helawarnana, S.IP., M.Si., Kepala BP2MI Lampung, Rabu (19/06/2024) kemarin.

Menurutnya, migrasi bukan hanya semata menghindarkan atau bahkan memindahkan masalah yang tengah dihadapi di Indonesia ke luar negeri, namun penjadi Pekerja Migran adalah upaya menaikkan gengsi para Pekerja Indonesia. Bahwa warga Indonesia mampu mengisi jabatan-jabatan high skill di negara tujuan, dan mampu memberdayakan dirinya serta keluaganya mejadi keluarga yang berdaya dengan berwirausaha.

Pekerja Migran Indonesia dapat memanfaatkan pengalaman dan keterampilan yang mereka dapatkan di luar negeri untuk merintis usaha di tanah air. Dari bidang kuliner hingga jasa, usaha-usaha mereka tidak hanya menciptakan lapangan kerja lokal, tetapi juga memperkaya ragam produk dan layanan di Indonesia. []

Advertisement
Advertisement