December 10, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Diguncang Gempa 5.6 SR, Cianjur Luluh Lantak

2 min read

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi gempa berkekuatan 5,6 SR pada pukul 13.21. WIB, Senin (21/11/2022).

Berdasarkan data BMKG, gempa terjadi di kedalaman 10 km. Gempa terjadi di Barat Daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Timur Laut Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Gempa bumi M 5,6 yang berpusat di Cianjur,  getarannya terasa hingga Jakarta. Salah satunya oleh warga di Kalibata City, Jakarta Selatan.

Salah satu warga, mengaku sedang berada di dalam unit apartemennya. Setelah itu, guncangan gempa terasa.

“Hampir semua penghuni keluar dan turun. Baru pada turun setelah sudah berhenti gempanya,” katawarga penghuni Kalibata City dikutip dari CNBC.

“Ketika turun, saya melihat orang-orang sudah di bawah,” lanjutnya.

Sementara itu, di wilayah Cianjur yang dekat dengan titik pusat gempa, situasi yang cukup memilukan tampak didepan mata.

Pantauan ApakabarOnline dari berbagai sumber lokal suasana kacau balau serta kerusakan terjadi dimana mana.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan rumah-rumah warga hingga gedung Sekretaris Daerah (Sekda) hancur imbas gempa berkekuatan magnitudo 5,6 di wilayah kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022) siang.

“Warga histeris, rumah-rumah hancur, pendopo plafonnya berjatuhan, gedung Sekda hancur dan listrik padam. Perabotan rumah tangga warga hancur,” kata Herman dikutip dari CNN.

Tak hanya itu, Herman juga mengatakan gempa dengan getaran yang kuat itu menimbulkan bencana longsor yang membuat jalur Cipanas dan Cianjur terputus.

“Ada longsor, ada mobil tertimpa longsor. Jalur Cipanas dan Cianjur terputus karena longsor,” tambah Herman

Herman juga mengatakan wilayah yang paling terdampak adalah Kecamatan Cugenang. Sementara wilayah Cianjur Selatan menurut laporan warga masih aman.

“Cugenang dari Kota Cianjur kurang lebih 5 kilometer,” kata Herman.

Herman kemudian mengatakan listrik di wilayah Cianjur juga padam imbas gempa bumi yang terasa hingga Jakarta, Bandung, Bekasi, Tangerang, dan Bogor itu. []

Advertisement
Advertisement