December 8, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Dibanding Kendaraan BBM, Kendaraan Listrik Lebih Hemat 75%

1 min read

JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, penggunaan motor listrik tidak hanya ramah lingkungan, tetapi lebih irit dibanding kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

“Secara keseharian, [motor listrik] bisa lebih irit 75% dalam sehari dibanding dengan motor BBM. Kalau biasanya mengeluarkan uang Rp100 ribu sehari, ini Rp25 ribu saja sudah cukup,” kata Budi dalam keterangannya di acara Electric Vehicle Funday, Minggu (20/11/2022).

Budi mengatakan, berdasarkan hitungan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat, satu liter BBM setara dengan 1,2 Kwh listrik.

Menurut dia, dengan harga listrik per kWh Rp1.444 atau dibulatkan Rp1.500, berarti 1,2 kWh listrik harganya sekitar Rp1.700.

Budi mengatakan, data tersebut menunjukkan bahwa motor listrik jauh lebih hemat apabila dibandingkan dengan satu liter BBM yang saat ini seharga Rp10.000 sampai Rp21.000.

“Pada mobil listrik, setiap 1 kilowatt hour (kWh) bisa menjalankan mobil listrik sejauh lima sampai tujuh kilometer, sementara dengan kapasitas penuh mobil listrik rata-rata sebesar 45 kWh, kendaraan listrik bisa melaju hingga 300 kilometer,” ujarnya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan bahwa pemerintah akan terus mendorong tambahan terhadap fasilitas pengisian daya kendaraan listrik.

Selain itu, ia mengatakan, insentif untuk kendaraan listrik terus dibahas antar Kementerian/Lembaga.

“Insentif seperti keringanan pajak, bebas ganjil genap, diskon daya listrik rumahan, bebas parkir, dan sejumlah keuntungan lainnya, serta lebih ramah lingkungan sehingga lebih bebas dari polusi udara, dan kita tidak tergantung pada bahan bakar fosil yang sudah mulai langka,” ucapnya. []

 

Advertisement
Advertisement