September 18, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Dijemput Dengan Armada Bus di Juanda, Puluhan PMI Hong Kong yang Masih “Kinyis-Kinyis” Jalani Karantina

2 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

SURABAYA –  Menurut data dari UPT Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja (UPT P2TK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim dan Posko terpadu Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Jatim di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, hari ini sebanyak 175 Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Singapura, Hongkong  dan Malaysia mendarat di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jumat (03/09/2021).

Kepala UPT Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja (UPT P2TK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim Budi Raharjo, Jumat (03/09/2021)mengatakan, rombongan PMI yang datang hari ini ada tiga kloter berasal dari Singapura, Hongkong dan Malaysia.

Tiga penerbangan tersebut menggunakan Scoot Tiger Air Flight :TR 262 (A320) dari Singapura, Cathay Pacifik dari Hongkong serta Air Asia dari Malaysia.

“Dari Bandara Juanda rombongan dijemput dengan mengunakan kendaraan Hiace, bus pemprov Jatim dan bus Harapan Jaya yang sudah dipersiapkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk menuju ke Asrama Haji Surabaya,” ujar Budi Raharjo.

Sementara di Asrama Haji telah dipersiapkan alat-alat kesehatan oleh para tenaga medis untuk dilakukan Swab dan pemeriksaan dari Dinas Kesehatan. Sedangkan disisi lain para petugas dari BPBD,Satpol PP dan TNI Polri melakukan pengamanan dan pendataan bagi PMI yang baru datang hari ini.

Sebagai informasi, sampai dengan Kamis (02/09/2021) pukul 23.59 malam, total kedatangan PMI Jatim di Asrama Haji ada 29.260  orang.Yang masih di karantina warga Jatim di Asrama Haji 1.548 orang, non Jatim  250 orang dan Non Jatim di Kentintang sebanyak 160 orang. Total masih karantina 1.958 orang.

Sedangkan yang sudah keluar karantina serta dijemput Kab/Kota berjumlah 21.113 orang, pulang sendiri 5.817 orang dan yang lainnya berjumlah 372 orang. Total yang sudah meninggalkan karantina sebanyak 27.302 orang.[]

Advertisement
Advertisement