September 26, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Dinyatakan Sehat, Belasan PMI yang Selesai Jalani Karantina di Asrama Haji Dijemput Pulang ke Ponorogo

2 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

SURABAYA – Sebanyak 163 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Jawa Timur hasil swabnya dinyatakan negatif dan kemudian PMI tersebut dipulangkan ke kabupaten/kota masing – masing untuk menjalankan karantina lanjutan, Selasa (17/08/2021).

Data tersebut berdasarkan yang dihimpun UPT Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja (UPT P2TK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim, Satpol PP, BPBD, Dishub dan Posko KKP di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Kepala UPT P2TK Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim, Budi Raharjo, Selasa (17/08/2021), mengatakan mereka yang dipulangkan, diantaranya Kabupaten Sampang 25 orang, Ponorogo 19 orang, Kabupaten Blitar 16 orang, Kabupaten Malang 15 orang PMI, Kabupaten Pamekasan 13 orang.

Kemudian Gresik sembilan orang, Kabupaten Banyuwangi sembilan orang, Lumajang dan Kabupaten Madiun berjumlah sama enam orang PMI yang dipulangkan, Kabupaten Lamongan ada lima orang PMI, Kabupaten Tulungagung tujuh orang PMI, Tuban lima orang dan Kota Surabaya tiga orang. “PMI yang pulang ke Kabupaten/kota masing – masing ini merupakan PMI kedatangan pada tanggal 12 – 13 Agustus 2021, dan sudah melakukan karantina dua hari di asrama haji Surabaya,”ujarnya.

“Kami telah melaporkan semua data tersebut baik rincian dan nama hingga alamat rumah kepada Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim dan plh Sekdaprov. Kepulangan PMI secara bertahap telah dilakukan penjemputan oleh masing-masing pemerintah daerahnya,” pungkasnya.

Untuk sterilisasi tempat, petugas telah melakukan penyemprotan disinfektan tiap hari, total penyemprotan sebanyak 41 kali. Selain itu petugas juga menyediakan berbagai bahan makanan dari berbagai pihak berupa beras  sejumlah 3 ton, Mi Instan, tempat cuci tangan, snack, paket makanan ringan, dan air mineral.S

Sedangkan untuk kesiapan makanan, dapur umum posko karantina Asrama Haji Surabaya tiap hari telah menyediakan 600 porsi makan pagi, 600 porsi makan siang, dan 600 makan malam. Jumlah konsumsi yang disiapkan sebanyak 1800 porsi. []

Kominfo Prov Jatim

Advertisement
Advertisement