November 28, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Ditemukan Ratusan Botol Disinfektan Tidak Layak Pakai

1 min read
Prime Banner

HONG KONG – Ditengah meningkatnya kebutuhan masyarakat akan cairan disinfektan, otoritas Hong Kong meningkatkan intensitas pengawasan di lapangan. Berawal dari temuan sebuah produk alkohol disinfektan di sebuah apotik di kawasan Tuen Mun, Bea Cukai Hong Kong langsung bergerak cepat menghentikan peredaran barang tersebut, pasalnya, kandungan dalam tiap botol disinfektan tidak sesuai dengan yang distandarisasikan peraturan di Hong Kong.

Dalam keterangan Pers yang di rilis kemarin (21/02/2020), disinfektal tersebut dalam kemasannya tertulis 75% alkohol. Namun setelah dilakukan pengujian, hasilnya didapati mengandung etanol hanya 0,1%, metanol mencapai 52%, dan volume sebenarnya pada kemasan satu liter, hanya berisi 0,737 liter.

Kesimpulan dari hasil pengujian menyatakan, komposisi alkohol dalam produk tersebut tidak sesuai dengan deskripsi yang tertulis serta melanggar standart  yang diberlakukan. Produk tersebut dinyatakan melanggar Trade Descriptions Ordinance (TDO) Hong Kong.

Mencegah hal fatal terjadi akibat dampak penggunaan produk tersebut, petugas menahan dua orang yang diduga menjadi otak dari peredaran barang tersebut. Investigas terhadap produk serupa merk lain sampai saat ini sedang berlanjut. []

Advertisement