April 16, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Ditengah Pageblug Corona, Otoritas Hong Kong Keluarkan Pengumuman Penting Tentang Dispensasi Kontrak Kerja Sekaligus Visa Untuk PRT Asing

2 min read
Feature Image Ditengah Pageblug Corona, Otoritas Hong Kong Keluarkan Pengumuman Penting Tentang Dispensasi Kontrak Kerja Sekaligus Visa Untuk PRT Asing (Foto HKSAR.org)

Feature Image Ditengah Pageblug Corona, Otoritas Hong Kong Keluarkan Pengumuman Penting Tentang Dispensasi Kontrak Kerja Sekaligus Visa Untuk PRT Asing (Foto HKSAR.org)

Informasi Pendaftaran Pemilih

HONG KONG – Menanggapi beberapa pertanyaan terkait dengan kontrak kerja, visa dan terhambatnya 10-an ribu PRT asing yang akan masuk ke Hong Kong, otoritas Hong Kong siang ini mengeluarkan pengumuman penting.

Dalam siaran pers yang sampai di redaksi ApakabarOnline.com, otoritas Hong Kong memahami keluhan ribuan pengelola agen penyalur PRT asing di Hong kong terkait dengan pageblug corona selama ini dimana mereka telah kehilangan kesempatan untuk bekerja menyalurkan puluhan ribu PRT asing yang telah mendapatkan job sekaligus visa kerja lantaran di negara asal mereka, tidak mengijinkan keberangkatan para PRT asing tersebut terkait dengan penanganan dan pencegahan pandemi COVID-19.

Berkaitan dengan hal tersebut, akan ada kompensasi-kompensasi yang bisa dipilih dan dilakukan oleh para agen penyalur agar tetap bisa survive dan kembali beroperasi dengan normal saat situasi telah pulih.

Berkaitan dengan visa serta kontrak kerja para PRT asing yang habis sebelum 31 Juli 2020, otoritas Hong kong memberi kelonggaran melalui Imigrasi akan memperpanjang dengan visa tinggal selama satu bulan.

Diharapkan, toleransi waktu perpanjangan visa tinggal selama satu bulan tersebut akan bisa dijadikan kesempatan bagi yang bersangkutan untuk memproses kontrak kerja baru dan atau mencari majikan baru.

Terkait dengan himbauan serta hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan terkait dengan pageblug COVID-19, otoritas Hong kong mendesak para majikan untuk selalu meng-edukasi dan transfer pengetahuan sesering mungkin agar misi otoritas Hong kong dalam menanggulangi dan mencegah pageblug COVID-19 bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Otoritas Hong Kong selalu terbuka menerima pertanyan dari siapa saja yang berkepentgingan terkait dengan hal tersebut diatas. Jika ada pekerja migran maupun agensi yang ingin mempertanyakan atau menyampaikan keluhan mereka, khusus yang berkaitan dengan pekerja rumah tangga asing, sebuah alamat email telah dipublikasikan, yakni; fdh-enquiry@labour.gov.hk. Update informasi terkait dengan pekerja rumah tangga asing juga bisa diakses melalui laman resmi Departemen Tenaga Kerja Hong Kong di alamat  www.fdh.labour .gov.hk. []

Advertisement
Advertisement