January 23, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Elpiji untuk Penghangat Ayam Sebabkan Kandang Bernilai Ratusan Juta Ludes Terbakar

2 min read
Prime Banner

SRAGEN – Menjadi tren, melengkapi kandang ayam dengan penghangat ruangan agar suhu di dalam kandang bisa stabil sebagaimana yang dibutuhkan agar ayan-ayam didalamnya bisa tumbuh sehat dan normal. Namun siapa sangka, dibalik teknologi yang sangat membantu peternak ini, tersembunyi bahaya yang jika lengah bisa meluluhlantakkan semuanya dalam waktu sekejab.

Seperti yang terjadi di Sragen, kebakaran hebat melanda sebuah peternakan ayam di Dukuh Sempurejo RT 28, Desa Jambangan, Kecamatan Mondokan, Sragen, Jumat (13/12/2019) malam.

Kobaran hebat menghanguskan kandang berukuran 40 x 13 meter milik Yatman (50) warga Jambangan RT 29, Jambangan, Mondokan tersebut.

Kandang itu saat ini disewa oleh Effendi Pujo Buntono (55) warga Jambangan RT 9, Mondokan. Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Data yang dihimpun di lapangan, kebakaran terjadi sekitar pukul 21.00 WIB. Menurut keterangan saksi, api mendadak berkobar dari arah bagian oven pemanas ayam.

Api kemudian dengan cepat merembet melahap bangunan kandang yang sebagian besar berkonstruksi kayu. Banyaknya tabung gas di sekitar lokasi pemanas membuat kobaran api makin menjadi.

Pekerja dan warga tak bisa berbuat banyak. Kandang itu pun akhirnya ludes dilalap api berikut 4.000 ekor ayam di dalamnya.

Tim pemadam kebakaran hanya melokalisir sisa api yang sudah menghanguskan kandang.

Kapolres Sragen, AKBP Yimmy Kurniawan melalui Kasubqg Humas AKP Harno membenarkan kejadian tersebut.

Sementara, Kepala Markas PMI Sragen, Wahdadi mengungkapkan sesaat setelah menerima laporan, tim bersama PSC 119 dan unsur lainnya langsung meluncur untuk melakukan asessment dan evakuasi.

Dari hasil pendataan, selain kandang yang ludes, ada 25 tabung gas elpiji 3 kg yang ikut hangus. Lantas 35 karung pakan ayam, enam unit mesin oven, satu unit TV, dan kipas angin.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu,” tuturnya.

Meski demikian, kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta.

Dalam temuan ApakabarOnline.com, banyak sekali PMI maupun mantan PMI yang memiliki usaha berternak ayam menggunakan elpiji sebagai basis teknologi untuk menghangatkan ruangan kandang. Selama ini memang lebih banyak menguntungkan. Namun berhati-hati dan waspada utamanya selalu memastikan kondisi instalasi teknologi penghangat ruangan tersebut dalam keadaan aman harus diprioritaskan agar terhindar dari bayaha yang merugikan. [War/Asa]

Advertisement
Advertisement