August 3, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Epidemiolog : Bukan Salah Virusnya, Pandemi Corona Menggila Karena Perilaku Manusianya

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

JAKARTA – Kasus Covid-19 di Tanah Air terus meningkat. Epidemiolog Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (UI) dr Pandu Riono menilai kondisi ini karena perilaku manusia.

“Yang utama perilaku manusianya, karena virus itu gak bersalah,” katanya dinukil dari Harian Merdeka, Minggu (27/06/2021).

Pandu mendorong masyarakat untuk disiplin memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M). Masyarakat, kata dia, harus terus diedukasi soal 3M itu.

“Sederhana dengan 3M, ini masyarakatnya nggak diajak, yang diributkan media juga lockdown atau (PPKM) ya gak akan selesai. Semua juga begitu,” ucapnya.

“Diskusikan itu bagaimana tingkatkan 3M, kalau ada yang ini denda, semuanya dilakukan, edukasi masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, peningkatan kasus Covid-19 masih panjang. Terlebih, ada varian baru yang penularannya lebih cepat dan masih banyak kantong-kantong penularan.

“Itu artinya masih ada kantong-kantong penularan. Hanya ada satu cara benar-benar sadar sekarang setiap orang bisa terinfeksi, jadi harus berubah perilakunya,” ucapnya.

“Sama sekali tidak ada kerumunan, tidak boleh ada kegiatan-kegiatan yang menyebabkan banyak oranglah, pesta, pengajian, kesenian, ini masih ada yang minta izin minta izin,” pungkasnya. []

Advertisement
Advertisement