June 13, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Gambaran Neraka Jahanam dalam Alquran

3 min read

JAKARTA – Neraka jahanam merupakan tingkatan teratas neraka. Gambaran neraka jahanam adalah kobaran api yang menyala dan dipenuhi binatang-binatang buas. Neraka disiapkan oleh Allah SWT untuk orang-orang kafir.

Adapun gambaran neraka jahanam disebutkan dalam Al-Qur’an, yang artinya:

“Dan sesungguhnya jahanam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (para pengikut setan) semuanya. Ia (jahanam) mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka.” (QS al-Hijr 15: 43-44)

Dalam sebuah hadis juga disebutkan bahwa penghuni neraka jahanam adalah para pelaku dosa besar. Mereka meninggal dan tidak sempat bertobat.

Dilansir dari NU Online, neraka jahanam merupakan seburuk-buruknya neraka. Dalam banyak ayat, neraka disinggung sebagai tempat kembali orang-orang yang mengingkari ayat-ayat Allah dan mengingkari para nabi atau utusan-Nya. Selain itu, gambaran neraka jahanam juga tempat orang yang mengufuri ajaran Allah SWT.

Disebutkan dalam Al-Qur’an surat Al-Furqan ayat 66, yang artinya:

“Sesungguhnya jahanam itu seburuk-buruk tempat menetap dan kediaman.” (QS. Al-Furqan:66).

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:

“Dinyalakan api neraka itu seribu tahun berwarna merah, seribu tahun berwarna putih, dan seribu tahun berwarna hitam.” (HR. Tirmidzi).

Sementara itu, dalam buku Mukasyafatul Qulub, Imam al-Ghazali menjelaskan bahwa neraka jahanam memiliki ciri-ciri, yaitu gelap, hitam, tidak ada sinar, dan tidak menyala.

 

Calon Penghuni Neraka Jahanam

Gambaran neraka jahanam itu seperti tempat penyiksaan yang berisi api panas dan di dalamnya terdapat makhluk-makhluk menderita. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam Al-Qur’an Surat Shaad ayat 57, artinya:

“Inilah (azab neraka), biarlah mereka merasakannya, (minuman mereka) air yang sangat panas dan air yang sangat dingin.”

Secara umum, neraka jahanam akan diisi oleh orang-orang yang sering melakukan dosa besar. Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam salah satu ayat Al-Qur’an, artinya:

“Orang-orang yang kafir digiring ke neraka Jahanam secara berombongan sehingga apabila mereka sampai kepadanya (neraka) pintu-pintunya dibukakan dan penjaga-penjaga berkata kepada mereka, ‘Apakah belum pernah datang kepadamu rasul-rasul dari kalangan kamu yang membacakan ayat-ayat Tuhanmu dan memperingatkan kepadamu akan pertemuan (dengan) harimu ini?’ Mereka menjawab, ‘Benar, ada,’ tetapi ketetapan azab pasti berlaku terhadap orang-orang kafir,” (Surat Az-Zumar ayat 71).

Dilansir dari Republika.co.id, berikut beberapa gambaran siksa neraka sesuai Al-Qur’an dan hadis.

 

  1. Disiram air mendidih ke kepala hingga hancur

Allah Ta’ala berfirman:

“Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka. Dengan air itu dihancurluluhkan segala apa yang ada dalam perut mereka dan juga kulit (mereka). Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi.” (QS Al-Hajj: 19-21).

 

  1. Diberi makanan pohon zaqqum yang membuat perut mendidih

Allah Ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya pohon zaqqum itu, makanan orang yang banyak berdosa. (Ia) sebagai kotoran minyak yang mendidih di dalam perut, seperti mendidihnya air yang amat panas” (QS. ad-Dukhan: 43-46).

 

  1. Diberi minum yang menghancurkan usus-usus

Allah Ta’ala juga berfirman:

“Mereka (penghuni neraka) diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong usus-usus mereka.” (QS  Muhammad: 15).

 

  1. Diberi minum air mendidih dan nanah

Allah Ta’ala berfirman:

“Mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanah.” (Q an-Naba ayat 24-25)

 

  1. Leher dirantai, diseret dan dibakar

Allah Ta’ala juga berfirman:

“ketika belenggu dan rantai dipasang di leher mereka, sambil mereka diseret ke dalam air yang sangat panas, kemudian mereka dibakar di dalam api.” (QS Ghafir: 71-72).

Allah Ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya Kami menyediakan bagi orang kafir rantai, belenggu dan neraka yang menyala-nyala.” (QS al-Insan: 4).

 

  1. Memakai sandal dari api neraka hingga otaknya mendidih

Dari An Nu’man bin Basyir radhiallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

”Penduduk neraka yang paling ringan siksaannya di neraka adalah seseorang yang memakai dua sandal neraka yang memiliki dua tali. Kemudian otaknya mendidih karena panasnya sebagaimana mendidihnya air di kuali. Orang tersebut merasa tidak ada orang lain yang siksanya lebih pedih dari siksaannya. Padahal siksaannya adalah yang paling ringan diantara mereka.” (HR Muslim no  213).

 

  1. Diberi minuman Thinatul Khabal yaitu keringat penghuni neraka

Minuman ini diperuntukkan bagi orang yang suka minum khamar.

Dari Abdullah bin Abbas radhiallahu’anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Allah berjanji kepada peminum khamr bahwa mereka akan diberi minum berupa thinatul khabal. Para sahabat bertanya, ‘Apakah thinatul khabal itu?’ Nabi menjawab, ‘Yaitu keringatnya  penghuni neraka atau ekstrak dari para penghuni neraka’.” (HR Abu Dawud no 3680).

 

  1. Diikat 70 ribu tali dan diseret para malaikat

Ibnu Mas’ud radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu’alaihi wasallam bersabda:

“Neraka (Jahannam) pada hari kiamat akan didatangkan, ia memiliki 70 ribu tali. Pada setiap talinya terdapat 70 ribu malaikat yang menariknya.” (HR Muslim no: 2842).  []

Advertisement
Advertisement