December 7, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Gandeng Garuda Indonesia, BP2MI Berangkatkan Ribuan PMI ke Negara Penempatan

2 min read

JAKARTA – Maskapai penerbangan Garuda Indonesia baru saja menerbangkan 187 Pekerja Migran Indonesia (PMI) menuju Seoul, Korea Selatan. Penerbangan yang dilaksanakan pada Senin (06/06/2022) tersebut, menggunakan armada Airbus A330-300 yang mengudara dari Bandara International Soekarno-Hatta pada pukul 23.10 WIB dan  mendarat di Incheon International Airport esok harinya pukul 08.30 waktu setempat.

Pemberangkatan PMI yang secara resmi dilepas langsung oleh ketua Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani dan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Saputra serta beberapa stakeholder

terkait di Terminal 3 Bandara International Soekarno-Hatta ini, merupakan bagian dari kerja sama strategis Garuda dan BP2MI.

“Dukungan kami dalam penerbangan khusus bagi PMI ini merupakan bagian dari kerja sama strategis Garuda sebagai official airline BP2MI dalam rangka mendukung kesuksesan program dan kegiatan BP2MI, khususnya program government to government (G to G) ke Korea Selatan,” ujar Irfan pada Senin (06/06/2022).

Garuda Indonesia, melalui Irfan menyatakan akan berkomitmen menyediakan fasilitas perjalanan udara internasional yang aman dan nyaman baik untuk pegawai BP2MI termasuk bagi mobilitas PMI menuju negara tujuan penempatan.

Diproyeksikan bentuk kerja sama ini akan menerbangkan sedikitnya 7000 orang PMI selama 2022 ke Korea Selatan. Angka ini juga diharap akan terus bertambah seiring makin longgarnya persyaratan perjalanan international di Korea Selatan.

Lebih lanjut, penerbangan ini juga merupakan implementasi dari penandatanganan nota kesepahaman “Corporate Privilege” Garuda Indonesia dengan BP2MI yang dilaksanakan pada Maret dengan fokus terhadap beberapa aspek layanan yang disepakati, yaitu pemberian harga khusus untuk rute Seoul, layanan fleksibilitas untuk perubahan tiket, serta layanan penerbangan penunjang oleh Garuda Indonesia Group.

Irfan juga berharap bahwa kerja sama ini mampu mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional, utamanya melalui layanan penerbangan yang mengedepankan aspek keamanan dan kenyaman.

“Ke depannya kami juga terus mengembangkan potensi kerja sama lainnya yang dapat mendukung program berkelanjutan dari BP2MI untuk keberhasilan dari para PMI di negara tujuan, termasuk diantaranya melalui penyediaan layanan penerbangan kargo dan charter untuk memastikan mandat dari pemerintah utamanya terkait dengan aktivitas pengiriman PMI baik dari dan menuju negara-negara tujuan dapat berlangsung lancar,” tutup Irfan. []

Advertisement
Advertisement