May 9, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Gelar Munas ke Tiga, Berikut Deretan Pengurus dan Gebrakan UNIMIG Periode 2021-2025

2 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

PONOROGO – Minggu, 21 Maret 2021, bertempat di LPK BNS, Jenangan, Ponorogo, UNIMIG Indonesia melakukan Munas yang ke III. Munas yang mengangkat tema “Pekerja Migran Indonesia Bangkit dan Berdaya” tersebut dihadiri kurang lebih 50 orang perserta secara offline yang datang  dari berbagai daerah seperti Ponorogo, Madiun, Ngawi, Trengglek dan Tulungagung.

Selain itu hadir juga perwakilan dari beberapa daerah di Indonesia secara daring seperti dari Aceh, Jakarta, NTB, Jawa Barat serta utusan dari luar negeri yaitu Hong Kong, Taiwan, Malaysia dan Arab Saudi. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, acara Munas ke III tersebut berjalan dengan tertib dan lancar.

Dalam rangkaian acara Munas ke III ini panitia membuat acara yang berbeda dibandingkan dengan acara Munas sebelumnya yaitu diadakannya acara pembekalan untuk peserta Munas.

Hadir sebagai pembicara secara daring yaitu Saudara Muhamad Iqbal, Presiden UNIMIG Indonesia periode lalu, yang mengangkat tema “Sukses menghadapi Pandemi Bagi Pekerja Migran Indonesia, dalam Tinjauan Psikologi” dan Ibu Mirah Sumirat, Presiden ASPEK Indonesia yang mengangkat tema “Pentingnya berserikat dan berjejaring bari Pekerja Migran Indonesia”, serta Saudara Muhamad Rusdi, Ketua harian KSPI yang menyampaikan tema

“Peran dan strategi serikat pekerja dalam menyekapi kebijakan pemerintah”. Munas ke III tersebut akhirnya menyepakati dan memilih saudara Fathurrahman menjadi Presiden UNIMIG Indonesia untuk periode 2021-2025, menggantikan Saudara Muhamad Iqbal. Dalam lima tahun kepengurusan kedepan, Saudara Fathur, begitu panggilan akrabnya, akan didampingi oleh Saudara Abdul Ghofur sebagai Sekretaris Jenderal dan Saudara Muhamad Anom sebagai bendahara. Dengan terpilihnya tiga orang tersebut diharapkan kedepan bisa menjadikan UNIMIG Indonesia lebih baik lagi daripada kepengurusan sebelumnya serta bisa menjadi mitra dan pembela bagi para pekerja Migran Indonesia, baik yang masih bekerja maupun yang sudah purna.

Dalam pidato sambutannya saudara Fathur menegaskan akan berusaha dengan sungguh – sungguh agar kedepan keberadaan UNIMIG Indonesia benar-benar bisa memberikan manfaat yang lebih baik lagi bagi para pekerja Migran Indonesia. Serta memohon dukungan dari peserta Munas agar mampu mewujudkan harapan-harapan para pekerja migran Indonesia dengan lebih baik. []

Advertisement
Advertisement