June 14, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Hilang Kontak, Sriwijaya Air yang Terbang dari Jakarta Menuju Pontianak Diduga Meledak di Udara

2 min read

JAKARTA – Kecelakaan moda transportasi udara kembali terjadi di Indonesia. Pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 182 rute Jakarta-Pontianak dilaporkan hilang kontak pada Sabtu (09/01/2021) pukul 11:00 siang saat pesawat berada di ketinggian antara 11 hingga 13 ribu kaki.

Kabar tersebut dibenarkan Manager of Branch Communication PT Angkasa Pura II Haerul Anwar.

“Hilang kontak. Kejadiannya sekitar pukul 14.00 WIB, masih diselidiki,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang beredar, pesawat tersebut terakhir kontak pada 11 Nm north CGK pada pukul 07.40 UTC.

Pesawat itu tercatat dengan nomor registrasi PK-CLC type B737-500.

Tiga setengah jam, persisnya pada pukul 14:40 setelah pesawat dinyatakan hilang dari pantauan radar, nelayan di seputar Pulau Laki, Kawasan Kepulauan Seribu melaporkan temuan benda mirip serpihan pesawat.

“Warga menemukan bagian kabel, saat ini sudah dievakuasi,” kata Wakil Ketua Dewan Kabupaten Seribu Jefri saat dikonfirmasi di Jakarta melansir Antara.

Jefri mengatakan petugas gabungan dibantu sejumlah warga menyisir keberadaan pesawat yang hilang kontak di sekitar Pulau Laki.

Tak lama usai pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 182 rute Jakarta-Pontianak dilaporkan hilang kontak pada Sabtu siang (09/01/2021), foto-foto yang diduga puing-puing pesawat tersebut pun viral di grup WhatsApp jurnalis.

Dalam foto tersebut, sejumlah petugas dari Kementerian Perhubungan memperlihatkan puing-puing berupa besi dan kabel yang diduga bagian dari tubuh pesawat.

Berdasarkan informasi yang beredar, pesawat tersebut diduga meledak dan jatuh di Pulau Laki, Kepulauan Seribu.

Pulau Laki sendiri berada di antara Pulau Lancang dan Pulau Tidung. Pulau tersebut diketahui tidak berpenghuni.

Terbaru, sejumlah aparat kepolisian sektor Pulau Laki, Kepulauan Seribu bersama warga menjaring sejumlah puing-puing aluminium dan gulungan kabel di perairan Pulau Laki, Sabtu (09/01/2021) sore hari.

Warga Pulau Laki beramai-ramai terjun ke perairan Pulau Laki seiring kabar hilang kontak Pesawat Sriwijaya Air SJ182 pada siang ini.

Sampai saat ini Sriwijaya Air sampai saat ini masih terus melakukan kontak dengan berbagai pihak terkait guna mendapatkan informasi lebih rinci terkait penerbangan SJ-182 rute Jakarta – Pontianak.

 

Nelayan Dengar Suara Ledakan di Timur Pulau Laki

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyebutkan bahwa pihaknya menerima informasi soal nelayan di sekitaran Pulau Kaki, Kepulauan Seribu mendengar suara ledakan pukul 15.00 WIB. Namun belum bisa dipastikan apakah itu merupakan pesawat Sriwijya Air yang hilang kontak.

“Info dari nelayan sekitar pukul 15.00 WIB mendengar suara ledakan di sekitar timur Pulau Laki Kepulauan Seribu,” ucap Yusri saat dikonfirmasi, Sabtu (09/01/2021).

Mengenai informasi tersebut, Yusri mengatakan kalau Polda Metro Jaya melalui Polair dan Polres Kepulauan Seribu masih melakukan pengecekan.

“Ini yang masih dipakukan pengecekan oleh Polair dan Polres Kepulauan Seribu,” tambahnya.

Oleh sebab itu, hingga kini, Polri maupun Polda Metro Jaya masih menunggu pernyataan resmi dari pihak Bandara Soekarno-Hatta terkait dengan kejadian ini.

“Tetapi Polri sudah menyiapkan bantuan SAR kalau memang sudah ada informasi resmi,” tandas Yusri. []

 

This slideshow requires JavaScript.

Advertisement
Advertisement