October 7, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Hong Kong Menandatangani Dimulainya Pembangunaan Delapan Pusat Karantina dan Perawatan Pasien Corona

3 min read
Hong Kong Menandatangani Dimulainya Pembangunaan Delapan Pusat Isolasi dan Perawatan Pasien Corona (Foto HK01)

Hong Kong Menandatangani Dimulainya Pembangunaan Delapan Pusat Isolasi dan Perawatan Pasien Corona (Foto HK01)

HONG KONG – Hong Kong menandatangani dimulainya pembangunan delapan unit fasilitas karantina dan perawatan pasien corona. Pembangunan tersebut dilakukan dengan mengontrak China State Construction International Holdings Ltd, sebuah perusahaan China ditengah wabah Covid-19 yang semakin memburuk, ketika pemerintah mengatakan bahwa kasus harian di Hong Kong melonjak lebih dari 10.000 kasus pada Jumat (25/02/2022).

Fasilitas sementara, yang akan dibangun oleh China State Construction dengan kapasitas gabungan 50.000 tempat tidur, akan tersebar di seluruh Hong Kong, termasuk di tanah pribadi yang dipinjamkan secara gratis oleh pengembang.

“Targetnya adalah untuk memaksimalkan pemanfaatan situs dan menyelesaikan pekerjaan yang relevan sesegera mungkin, memperlengkapi Hong Kong untuk memerangi epidemi,” kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.

Delapan pusat karantina yang dimaksud tersebar di tempat-tempat berikut ini :

 

  1. Penny’s Bay
  2. Former runway area of Kai Tak
  3. Tam Mei, Yuen Long (private land lent by Sun Hung Kai Properties)
  4. Former site of The Boxes, San Tin (private land lent by Sun Hung Kai Properties and Henderson Land Development)
  5. Hung Shui Kiu, near Kai Pak Ling Road
  6. Tsing Yi Town Lot No. 200
  7. A site located in Fanling North New Development Area, next to Ma Sik Road, Fanling (private land lent by New World Development)
  8. A site on the south-eastern part of the Hong Kong Boundary Crossing Facilities Island of the Hong Kong-Zhuhai-Macao Bridge, north of Tuen Mun Chek Lap Kok Tunnel Road

 

Hong Kong secara resmi tidak mengizinkan orang untuk melakukan isolasi mandiri, meskipun ribuan telah melakukannya karena infeksi meningkat lebih cepat daripada kamar baru yang tersedia.

Pihak berwenang melaporkan rekor baru 10.010 infeksi yang dikonfirmasi selama 24 jam terakhir, naik dari 8.798 pada Kamis, dan 47 kematian. Sekitar 420 panti jompo telah terinfeksi.

Jangka waktu penyelesaian fasilitas baru tidak jelas karena beberapa ahli memperkirakan kota itu dapat memiliki 180.000 kasus per hari pada bulan Maret.

Langkah ini mengikuti janji “dukungan setia” dari otoritas China daratan, dengan pemimpin Hong Kong Carrie Lam menggandakan tujuan resmi untuk membawa infeksi ke nol.

Sun Hung Kai Properties, New World Development dan Henderson Land Development adalah beberapa pengembang yang berkontribusi pada skema tersebut.

Reuters melaporkan pada bulan September bahwa China telah memberikan mandat baru kepada taipan properti yang kuat di kota itu, memberitahu mereka untuk mencurahkan sumber daya dan pengaruh untuk mendukung kepentingan Beijing.

Hong Kong mengikuti strategi “dinamis nol-Covid” China daratan, yang bertujuan untuk memberantas semua wabah dengan segala cara, tetapi penyebaran infeksi dengan varian Omicron yang sangat mudah menular tahun ini telah membanjiri sistem kesehatan kota.

Infeksi harian berada pada lintasan yang digambarkan oleh pihak berwenang sebagai “eksponensial”, meskipun kota itu menerapkan pembatasan sosial paling kejam sejak awal pandemi dua tahun lalu.

Tanggapan warga pun beragam. Beberapa orang tidak melaporkan sakit karena takut dipaksa masuk ke rumah sakit yang penuh sesak atau fasilitas karantina darurat, sementara yang lain memanggil ambulans, membanjiri sistem, meskipun tidak memiliki gejala.

Orang tua dengan anak kecil sangat takut pada aturan yang mengharuskan isolasi terpisah dari anggota keluarga. Otoritas perawatan kesehatan mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka akan mempertimbangkan beberapa pengecualian dalam situasi yang melibatkan anak kecil.

Minggu ini, Lam menggunakan kekuatan darurat yang diberikan di bawah undang-undang era kolonial Inggris untuk membebaskan staf dan proyek Tiongkok daratan dari lisensi atau persyaratan hukum lainnya.

Ketika Covid-19 mengamuk di seluruh Hong Kong pada awal tahun politik yang sensitif bagi Presiden China Xi Jinping, Beijing sangat berinvestasi dalam tanggapan kota.

Sejak Xi mengatakan kepada kota itu pekan lalu bahwa “misi utamanya” adalah untuk mengendalikan krisis, Hong Kong telah meningkatkan langkah-langkah, termasuk rencana untuk pengujian massal, didukung oleh peralatan, kendaraan pengujian dan personel dari daratan.

China pada hari Jumat melaporkan jumlah harian tertinggi kasus Covid-19 yang datang dari luar daratan dalam hampir dua tahun, dengan lebih dari 100 dari 142 infeksi baru berasal dari Hong Kong.

China Daratan mengharuskan sebagian besar pelancong umum yang datang dari luar untuk dikarantina selama setidaknya 14 hari, dan kota-kota memiliki persyaratan yang berbeda-beda setelahnya sebelum mereka dapat bepergian dengan bebas.[]

Advertisement
Advertisement